Indratno, David KharisValentian (2023) Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Pulau Kumala Tenggarong-Kalimantan Timur. Diploma thesis, Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang.
Preview |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
14. BAB I.pdf Download (38kB) | Preview |
![]() |
Text
15. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
![]() |
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
![]() |
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
![]() |
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
Preview |
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) | Preview |
Preview |
Text
20. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tenggarong merupakan kota di Kalimantan Timur yang berkembang pesat dengan pariwisatanya. Salah satu destinasi di kota Tenggarong yang masih menarik hingga
saat ini adalah destinasi Pula Kumala. Pulau yang unik ini awalnya merupakan hutan rimbun yang memiliki banyak tumbuhan khas Kalimantan. Hingga pada tahun 2000 pemerintah setempat merencanakan pembangunan untuk objek wisata dan tahun 2002 destinasi Pulau Kumala dibuka untuk umum. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meneliti pengaruh media sosial instagram dan citra destinasi terhadap minat berkunjung wisatawan di destinasi Pulau Kumala di Kalimantan Timur. Variabel yang digunakan adalah media sosial instagram dan citra destinasi sebagai variabel bebas, sedangkan minat berkunjung adalah variabel terikat. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan menyebarkan kuesioner
dalam bentuk google form kepada 170 responden. Analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan antara media sosial instagram dan citra destinasi terhadap minat berkunjung, dan ada pengaruh yang dominan antara citra destinasi terhadap minat berkunjung.
Tenggarong is a city in East Kalimantan where tourism has grown rapidly. One of the destinations in the city of Tenggarong that is still interesting today is the Pulau Kumala destination. The unique island was originally a lush forest that has many plants special of Borneo. Until 2000 the local government planned the development of a tourist attraction and in 2002 Pulau Kumala was opened to the public. This research was conducted with the aiming to examine the effect social media instagram and destination image on tourists visiting intentions at the Pulau Kumala destination in East Borneo. The variables used are social media instagram and destination image as independent variables, while interest visiting is the dependent variable. The sampling technique used purposive sampling by distributing questionnaires in the form of Google Forms to 170 respondents. Multiple linear regression analysis using SPSS. The results of the study show that there is a significant influence between social media instagram and destination image on the interest of visiting, and destination image is dominant influence on the interest of visiting.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | David Kharis Valentian Indratno NIM: 180540000084 ; Syarif Hidayatullah NIDN: 0731057101 |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial Instagram;Citra Destinasi; dan Minat Berkunjung. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Program Diploma Kepariwisataan > D4 Destinasi Wisata |
Depositing User: | Rita Juliani |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:16 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:16 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/4976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |