Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Pengaruh kebijaksanaan harga dan advertising guna meningkatkan volume penjualan kamar pada Hotel Klub Bunga Butik Resort Batu

Budiyono, Bambang Setia (2006) Pengaruh kebijaksanaan harga dan advertising guna meningkatkan volume penjualan kamar pada Hotel Klub Bunga Butik Resort Batu. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif dewasa ini, setiap perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan kinerja dan kwalitas barang atau jasa yang dihasilkan. Selera konsumen dan kebijakan penetapan harga yang kompetitif. Untuk memperkenalkan barang atau jasa perusahaan dapat melakukan berbagai sarana strategi pemasaran yang ada, salah satunya adalah media promosi periklanan (advertising). Dengan pelaksanaan advertising yang tepat dan penetapan harga yang kompetitif, maka perusahaan akan mampu bersaing secara sehat dengan pesaingnya serta diharapkan akan meningkatkan volume penjualannya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan terutama yang
menyangkut masalah kebijakan penetapan harga terhadap jasa yang dan pelaksanaan promosi khususnya advertising, mengetahui apakah kebijakan harga suatu produk dan advertising berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan serta untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan.
Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan korelasi berganda (R), uji F dan uji t dengan menggunakan metode program komputer analisis SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 11.5.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil analisis korelasi berganda (R) 0,987 dan (R2) 0,987. Sedangkan analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut :
Y  655616247,912  52,632X  30, X
Untuk menguji hasil korelasi berganda apakah signifikan atau tidak signifikan, maka dilakukan :
a. Uji F untuk menguji keberartian koefesien berganda secara keseluruhan
 Dengan membandingkan antara Fhitung dengan Ftabel. Dari hasil analisis dengan menggunakan program SPSS diperoleh nilai Fhitung 38,286 sedangkan dengan   0,05 dan df (2:2) diperoleh nilai Ftabel sebesar 19,00. Hasil tersebut dapat memenuhi kriteria penolakan Ho yang artinya model regresi yang digunakan dalam analisis ini ada pengaruh yang signifikan.
b. Uji t yang telah dilakukan adalah sebagai berikut :
 Variabel kebijaksanaan harga diperoleh hitung t sebesar 8,080 sedangkan dengan menggunakan   0,05 dan df = 4 diperoleh tabel t sebesar 2,132. Karena hitung t > tabel t
maka hasil ini dapat memenuhi kriteria penolakan Ho xiv
yang artinya biaya kebijaksanaan harga memiliki pengaruh yang nyata terhadap volume penjualan kamar.
 Variabel advertising diperoleh nilai hitung t sebesar 4,812. Sedangkan dengan menggunakan   0,05 dan df = 4 diperoleh nilai tabel t sebesar 2,132. Karena hitung t
> tabel t dimana hasil ini dapat memenuhi kriteria
penolakan Ho yang artinya biaya advertising memiliki pengaruh yang nyata terhadap volume penjualan kamar.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh kebijaksanaan harga sangat dominan dibanding dengan advertising. Sedangkan saran yang dapat diberikan adalah hendaknya Hotel Klub Bunga Butik Resort Batu membina kerjasama dengan perusahaan lain yang bergerak dalam industri pariwisata dan meningkatkan kwalitas pelayanan dan fasilitas agar produk tetap diterima oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Bambang Setia Budiyono NIM : 02220264
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 29 Oct 2021 01:39
Last Modified: 29 Oct 2021 01:39
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item