Oktavia, Heny Indrasari (2006) Evaluasi sistem pengendalian manajemen guna meningkatkan kinerja Perusahaan (Studi Kasus Di UD. Damai Lumajang). Undergraduate thesis, Universitas Merdeka Malang.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (281kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (63kB) | Preview |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Perencanaan dan pengendalian manajemen dapat dilaksanakan melalui sistem pengendalian manajemen yang berfokus pada perencanaan dan pengendalian yang merupakan fungsi utamanya manajemen. Perencanaan merupakan proses serangkaian tindakan apa yang harus dilakukan untuk berbagai tujuan dan sasaran yang akan dicapai. Sedangkan pengendalian merupakan proses serangkaian tindakan untuk mengukur dan menganalisis hasil-hasil yang telah dilaksanakan perusahaan serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan sehingga perencanaan berikutnya akan lebih baik. Oleh karena itu penjualan sebagai salah satu kegiatan penting yang dilakukan oleh manajemen harus direncanakan dan dikendalikan secara baik untuk mencapai tujuan perusahaan. Penjualan mempunyai fungsi penting dalam suatu usaha, untuk mencapai tingkat penjualan yang tinggi pada tingkat harga tertentu dengan biaya yang wajar. Apabila tidak dilaksanakan sesuai dengan pola dan kebijakan serta strategi yang telah dirumuskan dan ditetapkan sebelumnya, maka akan mengakibatkan tidak terealisasinya program penjualan yang telah direncanakan, sehingga tujuan perusahaan untuk mencapai laba yang maksimum tidak akan tercapai, bahkan perusahaan akan mengalami kerugian. Jika hal itu terus terjadi tanpa adanya pengendalian maka perusahaan akan mengalami kebangkrutan.
Definisi Operasional Variabel, Sistem Pengendalian Manajemen, 2. Anggaran. Jenis Data, Data kualitatif. Data kuantitatif. Teknik Pengumpulan Data, Observasi, Interview. Dokumentasi. Teknik Analisis Data, Analisa Proses Pengendalian Manajemen. Mengevaluasi proses pengendalian manajemen.
Sistem pengendalian manajemen UD. DAMAI Lumajang belum efektif, yaitu dalam penyusunan anggaran perusahaan yang tidak melibatkan bawahan yang berhubungan langsung dengan proses penjualan. Hal ini mengakibatkan anggaran penjualan yang ada bukan merupakan anggaran yang valid. Oleh karena itu sebaiknya perusahaan menetapkan secara tegas wewenang dan tanggung jawab tiap tingkatan manajemen yang dalam penyusunan anggaran penjualan hendaknya melibatkan tiap tingkatan manajemen yang bersangkutan.UD. DAMAI Lumajang belum melakukan penilaian kinerja yang objektif terhadap manajer penjualan, hal ini terbukti dengan sulitnya manajemen atas dalam mengambil keputusan yang bersangkutan dengan manajer penjualan, misalnya promosi jabatan, pemberhentian atau transfer manajer ke bagian lain. Kesulitan ini disebabkan penilaian kinerja yang dilakukan kurang sering frekuensinya, dan masih adanya sikap memperhatikan senioritas dalam penilaian kinerja karyawan. Dan hal ini menyebabkan manajaer penjualan tidak termotivasi dalam kerjanya. Kerugian perusahaan dalam hal ini dalah perusahaan dalam operasionalnya sehari-hari cenderung statis, tidak dinamis, sehingga perkembangan perusahaan lambat. Oleh sebab itu dapat dilihat pentingnya motivasi ke manajer penjualan untuk terus ditingkatkan oleh perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nama : Heny Indrasari Oktavia NIM : 00230187 |
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian manajemen, kinerja perusahaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Surya Dannie |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 02:11 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 02:11 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/887 |
Actions (login required)
View Item |