Halimi, Ahmad (2006) Analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran pada PR. Karya Timur Prima Malang. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (209kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (76kB) | Preview |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (58kB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi maka berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dapat diproses dan disediakan dalam jumlah yang cukup. Keadaan ini menimbulkan terciptanya persaingan antar perusahaan tidak dapat
dihindari. Terutama antar perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa yang sejenis. Untuk itu perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat dalam melakukan kegiatan perusahaan, agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Salah satu alat yang dapat digunakan untu
menentukan strategi pemasaran adalah menggunakah analisis SWOT.
Sehubungan dengan analisis SWOT tersebut, metode analisis yang digunakan adalah IFAS (internal factor strategy summery) untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lingkungan internal perusahaan yang meliputi produk, harga, distribusi dan promosi. Sedangkan untuk
lingkungan eksternal perusahaan menggunakan EFAS (external factor strategy summery) yang terdiri dari kondisi ekonomi, pemerintah, teknologi, sosial budaya dan pesaing. Dari IFAS dan EFAS tersebut dikembangkan menjadi maktrik IE (internal – eksternal) untuk mengetahui
strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Dan matriks IFAS dan EFAS ini dikembangkan lagi ke dalam matriks SWOT, hal ini dapat dijabarkan menjadi strategi SO (strategy opportunity) artinya pemantauan peluang untuk memperkuat kekuatan yang dimiliki perusahaan ST (strength threat) artinya kekuatan yang dimiliki untuk menghindari, ancaman, WO (weakness opportunity) artinya menambahkan peluang untuk mengurangi kelemahan yang ada. Dan terakhir adalah WT (weakness threat) artinya perlu mengurangi kelemahan yang ada untuk menghindari ancaman. Diagram SWOT dalam hal ini membantu memerlukan posisi perusahaan alternatif strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan.
Dari hasil penganalisaan akan dapat diketahui strategi pemasaran apa saja yang dapat digunakan oleh perusahaan. Dan yang paling utama dalam pembahasan ini adalah analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran oleh PR. Karya Timur Prima Malang adalah dengan
menggunakan strategi pertumbuhan internal melalui diversifikasi yaitu dengan melakukan pengembangan pasar pengembangan produk, dan pengembangan teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Ahmad Halimi NIM : 02220169 |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Gendhis Dwi Aprilia |
Date Deposited: | 20 Jul 2021 15:41 |
Last Modified: | 20 Jul 2021 15:41 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/844 |
Actions (login required)
View Item |