Atmojo, Erviana Asmi (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM E-KINERJA DI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.
Preview |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
HASIL CEK PLAGIASI 14_.pdf Download (637kB) | Preview |
Abstract
Kinerja Aparatur Sipil Negara dewasa ini selalu menjadi sorotan publik terhadap
kualitas pelayanan. Ditambah lagi dengan semakin canggihnya teknologi internet yang
memungkinkan pemberitaan online semakin mudah menyebarluaskan berita terkait
kinerja ASN. Di dalam berita yang diunggah oleh Tempo.co pada Hari Rabu, 13 April
2011 pukul 13:35 dengan headline “Pelayanan Publik di Malang dan Batu Masih Buruk”
mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh MCW (Malang
Corruption Watch) dan MP3 (Malang Peduli Pelayanan Publik) dari 1.000 responden, ada
66% masyarakat menyatakan pelayanan publik di Malang tidak memuaskan. Program
e- Kinerja merupakan paradigma baru dari sistem pengawasan kinerja yang hadir
menggantikan sistem lama yang masih menggunakan sistem manual, yaitu DP3 (Daftar
Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan). Penggunaan Aplikasi e-Kinerja di Kecamatan
Lowokwaru akan menunjang peningkatan kinerja organisasi melalui prestasi kerja,
pengembangan potensi dan karier ASN yang bersangkutan serta untuk pengembangan
manajemen, organisasi dan juga lingkungan kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi
program e-Kinerja di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang dan untuk mencarifaktor apa
saja yang menjadi pendukung dan penghambat pegawai Kecamatan Lowokwaru dalam
menggunakan program e-Kinerja. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan
kontribusi positif dalam pengembangan Implementasi Program e-Kinerja di Kecamatan
Lowokwaru, Kota Malang kearah yang lebih baik. Penelitian ini dapat menjadi evaluasi
bagi pegawai dalam meningkatkan kinerjanya agar reformasi birokrasi di Kecamatan
Lowokwaru berjalan seperti yang diharapakan.
Penelitian inimenggunakan jenis penelitian kualitatif, karena penelitian bertujuan
untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam untuk mengetahui situasi
gambaran kenyataan yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilakukan di Kantor
Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang beralamat di Jl. Cengger Ayam I/12 Kota
Malang. Populasi dari penelitian ini yaitu pegawai yang bekerja di Kantor Kecamatan
Lowokwaru Kota Malang. Infoman yang dipilih oleh peneliti tersebut dipilih berdasarkan
Teknik purposive sampling yaitu: Camat Kecamatan Lowokwaru Kota Malang,
Sekretaris Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Kepala Subbagian Umum dan
Kepegawaian Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dan 2 orang ASN Kecamatan
Lowokwaru Kota Malang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti didapatkan hasil
bahwasannya : Implementasi Program e-Kinerja Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang
terkait perencanaan kinerja diawali dengan penyusunan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai),
pelaksanaan kinerja menyusun SKP tahunan serta merealisasi SKP tahunan, pemantauan
dan pembinaan kinerja selalu dilakukan oleh atasan untuk mengingatkan bawahan akan
kinerjanya, penilaian kinerja dilakukan berdasarkan capaian kinerja, efesiensi waktu dan
kuantitas capaian. Tindak lanjut penilaian kinerja yang dikelola dalam suatu sistem
informasi kinerja berupa rewarddan punishment, reward disini bentuknya tidak selalu uang/TPP bisa jadi promosi jabatanbila waktunya tiba sedangkan punishment berupa
teguran dari atasan namun sejauh ini belum pernah terjadi. Penggunaan e-Kinerja di Kec.
Lowokwaru Kota Malang, terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung
diantaranya: fasilitas elektronik (sarana prasarana) yang modern, dan gedung yang layak.
Faktor penghambat diantaranya: jaringan sistem sedang mengalami gangguan, kurangnya
SDM yang masih belum memahami menggunakan sistem e-Kinerja, dan terbatasnya
peralatan sehinnga dapat menghambat kinerja pegawai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Erviana Asmi Atmojo NIM : 18031000161 |
Uncontrolled Keywords: | e-Kinerja, kinerja pegawai, implementasi program e-Kinerja. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | fufu Fudllah Wahyudiyah |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:17 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:17 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |