Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Adaptasi Layanan Perijinan Berbasis Teknologi Berparadigma New Public Service Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Dengan Citizen Centric

Suharnoko, Dwi, Chayatin, Umi and Dinata, Chandra ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1000-4457 (2018) Adaptasi Layanan Perijinan Berbasis Teknologi Berparadigma New Public Service Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Dengan Citizen Centric. In: Seminar Nasional Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi – UNMER Malang, 9 Agustus 2018, Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of 2. Artikel.pdf]
Preview
Text
2. Artikel.pdf

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 2. Hasil Cek Plagiasi.pdf]
Preview
Text
2. Hasil Cek Plagiasi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang peningkatan kualitas layanan pada layanan perijinan di Kabupaten Malang. Di era desentralisasi, tuntutan masyarakat atas layanan menjadi tujuan utama penyelenggaraan pemerintahan guna meningkatkan kepuasan publik atas layanan yang diberikan. Dalam konteks layanan perijinan, arah layanan yang memang harus menjadi bagian dalam memajukan pembangunan di daerah, oleh sebab itu layanan yang cepat, ramah, murah, serta transparan menjadi tujuan utama penyelenggara layanan. Penelitian ini menemukan animo yang kuat terhadap layanan perijinan di Kabupaten Malang sehingga memiliki dampak positif bagi pembangunan daerah. Dengan demikian, adaptasi atas perkembangan teknologi disertai dengan penguatan kapasitas aparatur adalah kunci keberhasilan layanan yang berparadigma new public service. Model layanan perijinan dengan pemanfaatan teknologi merupakan upaya mendekatkan user kepada pemerintah selaku provider sehingga interaksi diantara keduanya merupakan interaksi aktive yang saling menguntungkan. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan sebuah model layanan yang dapat diaplikasikan secara mandiri oleh user yang difasilitasi oleh provider (pemerintah daerah) sehingga mampu menggeser stigma negatif atas layanan perijinan yang selama ini diberikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Chandra Dinata NIDN: 0701068208
Uncontrolled Keywords: Public Service; Reformasi Layanan Perijinan; Teknologi; Model Layanan
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 04 Feb 2023 11:56
Last Modified: 04 Feb 2023 11:57
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3010

Actions (login required)

View Item View Item