Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan untuk berbelanja di Hypermarket Malang Town Square (studi kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Malang)

Noviandri, Rommy (2006) Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan untuk berbelanja di Hypermarket Malang Town Square (studi kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Malang). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Berdirinya hypermarket ini disebabkan karena adanya perubahan dalam pola berbelanja masyarakat yang semakin selektif, dan adanya perubahan cara pandang konsumen. Di Indonesia selain karena perubahan perilaku konsumen, ketatnya persaingan di bisnis usaha hypermarket juga disebabkan oleh semakin banyaknya bisnis swalayan yang berasal dari luar negeri seperti sogo dan makro yang memasuki pasar domestik. Pada dasarnya perusahaan yang bergerak di bidang hypermarket yang menjual barang-barang konsumsi tidak terlepas dari faktor keandalan, responsif, keyakinan, berwujud, dan empati. Tidak hanya menjual produk tetapi menyangkut pula pelayanan, harga, situasi dan kondisi fisik serta komunikasi yang dibentuk oleh hypermarket
terhadap konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kelas sosial, keluarga, gaya hidup dan motivasi mempengaruhi keputusan untuk berbelanja di Hypermarket Malang Town Square dan untuk mengetahui variabel perilaku konsumen yang terdiri dari kelas sosial, keluarga, gaya hidup dan motivasi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja di Hypermarket Malang Town Square. Teknik
analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji t.
Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel kelas sosial, keluarga, gaya hidup dan motivasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk berbelanja di Hypermarket Malang Town Square. Hasil uji t menunjukkan bahwa kelas sosial, gaya hidup dan motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel keluarga secara
parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian yaitu variabel motivasi. Motivasi dapat dirangsang melalui pelayanan yang diberikan, harga yang sesuai dan kebutuhan dan keinginan yang berasal dari lingkungan. Motif adalah suatu keadaan
dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rommy Noviandri NIM : 00220437
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:18
Last Modified: 08 Oct 2021 03:18
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item