Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Strategi promosi yang tepat guna meningkatkan volume penjualan pada Perusahaan Sumber Agung Malang

Siswanto, Adi Teguh (2006) Strategi promosi yang tepat guna meningkatkan volume penjualan pada Perusahaan Sumber Agung Malang. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan dunia usaha dewasa ini terjadi
pergeseran dari cara berusaha yang konvensional menuju ke arah suatu usaha yang makin modern dan lebih bersaing. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang didirikan melalui unit-unit usaha dalam perusahaan, semakin cenderung ke arah kompetisi persaingan yang tajam. Untuk itulah perusahaan harus mampu mempertahankan
kelangsungan hidup perusahaan dengan selalu menganalisa kesempatan apa saja yang dapat dimanfaatkan dan juga harus bersiap sedia dalam menghadapi ancaman-ancaman yang mungkin terjadi.
Dalam hal ini analisis SWOT mempunyai peranan sangat
penting di dalam membantu mengidentifikasi dan menganalisis terhadap peluang maupun ancaman di lingkungan eksternal perusahaan, serta kekuatan maupun kelemahan di dalam lingkungan internal perusahaan itu
sendiri. Dari proses penganalisaan lingkungan lingkungan dan eksternal perusahaan maka akan dapat membantu perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran yang benar-benar tepat agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Strategi pemasaran merupakan strategi fundamental yang direncanakan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang telah dimiliki. Strategi pemasaran ini diharapkan akan dapat digunakan di dalam perusahaan Sumber Agung Malang.
Sehubungan dengan penganalisaan lingkungan tersebut,
metode analisis yang digunakan adalah IFAS (Internal Factor Strategy Summery) untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lingkungan internal perusahaan, EFAS (External Factor Strategy Summery) yang digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman lingkungan
eksternal perusahaan. Dari IFAS dan EFAS maka dikembangkan menjadi Matriks IE (Internal External) untuk mengetahui strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Dari matriks IFAS dan EFAS maka dikembangkan ke dalam matriks SWOT, hal ini dapat dijabarkan menjadi
strategi SO (Strenght Opputunity) artinya pemanfaatan peluang untuk memperkuat kekuatan yang dimiliki perusahaan, ST (Strenght Oppurtunity) artinya kekuatan yang dimiliki untuk menghindari ancaman, WO (Weakness Oppurtunity) artinya memanfaatkan peluang untuk
mengurangi kelemahan yang ada. Dan terakhir adalah WT (Weakness Threat) artinya perlu mengurangi kelemahan yang ada untuk menghindari adanya ancaman. Diagram SWOT dalam hal ini membantu menentukan posisi perusahaan dan alternatif strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan. Dan terakhir adalah matrik SPACE dimana alat ini digunakan untuk menguji konsistensi dari analisis SWOT, dan ternyata hasil yang didapat tidak ditemukan perbedaan yang begitu mencolok dari kedua alat analisis strategi tersebut. Dimana hasil dari dari matrik ditemukan bahwa
sebaiknya Perusahaan Sumber Agung Malang sebaiknya menggunakan strategi kompetitif. Dan yang paling utama dalam pembahasan ini adalah analisis SWOT sebagai alat bantu dalam menentukan strategi Promosi yang dapat digunakan oleh Perusahaan Sumber Agung Malang adalah
menggunakan strategi pertumbuhan Internal melalui diversifikasi konsentrik, yaitu dengan melakukan pengembangan pasar, pengembangan produk, dan penetrasi, pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Adi Teguh Siswanto NIM : 02220025
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:41
Last Modified: 06 Sep 2021 04:41
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item