Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Pengaruh promosi terhadap volume penjualan pada Perusahaan Rokok Sumber Rejeki Pasuruan

Cahyono, Agung Dwi (2006) Pengaruh promosi terhadap volume penjualan pada Perusahaan Rokok Sumber Rejeki Pasuruan. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Perekonomian kita sedang dilanda kelesuan tetapi persaingan di dalam produk rokok semakin tajam dan masih banyak di kalangan masyarakat yang belum mengenal jauh produk perusahaan rokok Sumber Rejeki Pasuruan, untuk itu perusahaan rokok Sumber Rejeki Pasuruan harus lebih memahami arti pentingnya pengaruh sales promotion, advertising, personal selling dan publisitas guna merangkul konsumen sebanyak mungkin. Seperti pada perusahaan rokok Sumber Rejeki Pasuruan perlu adanya peningkatan yang lebih baik di bidang promosi yang selama ini pelaksanaan strategi promosi yang ada masih kurang sehingga menyebabkan produk kurang dikenal luas oleh konsumen. Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka hal ini merupakan dasar yang mendorong penulis untuk mengadakan pembahasan yang berkaitan dengan pengaruh
promosi (sales promotion, advertising, personal selling dan publisitas terhadap volume penjualan pada Perusahaan Rokok Sumber Rejeki Pasuruan”. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian adalah Seberapa besar pengaruh sales promotion, advertising, personal selling dan publisitas
terhadap volume penjualan dan diantara sales promotion, advertising, personal selling dan publisitas, manakah yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sales promotion, advertising, personal selling dan publisitas terhadap volume penjualan dan untuk menganalisis variabel diantara sales promotion, advertising, personal selling dan publisitas yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan.
Dalam analisis data untuk mengetahui pengaruh promosi yang terdiri dari sales promorion, advertising, personal selling dan publisitas terhadap volume penjualan dengan menggunakan teknik regressi linier berganda. Sedangkan untuk menguji tingkat signifikasi (Uji Hipotesis) pengaruh tersebut menggunakan uji tingkat signifikansi melalui uji F dan uji t. Dari hasil analisis regresi dan hasil Uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas
yang signifikan yaitu sales promotion, advertising, dan personal selling, sedangkan publisitas berpengaruh tidak signifikan terhadap volume penjualan, karena publisitas hanya dilakukan untuk mendukung serta menunjang alat promosi lainnya. Selanjutnya variabel yang berpengaruh
dominan terhadap volume penjualan adalah advertising karena memiliki nilai koefisien regresi paling besar dibandingkan dengan ketiga variabel bebas lainnya yaitu sales promotion, personal selling dan publisitas. Atas dasar pertimbangan tersebut dapat disarankan : Dalam pelaksanaan kegiatan promosinya perusahaan lebih selektif dan jeli untuk memilih media promosi yang digunakannya, sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal dengan
biaya yang seefisien mungkin. Dan Kegiatan promosi melalui advertising sebaiknya lebih ditingkatkan lagi, karena metode promosi ini lebih luas jangkauannya serta mencakup semua lapisan masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat akan tahu dan tertarik dalam membeli produk juga tidak boleh mengabaikan metode promosi yang lain seperti sales promotion dan personal selling maupun publisitas. Dan sangat baik jika perusahaan bisa mengkombinasikan ketiga variabel promosi tersebut dengan proporsi yang tepat dan sesuai kondisi pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agung Dwi Cahyono NIM : 01220012
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 01 Aug 2021 07:57
Last Modified: 01 Aug 2021 07:57
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item