Setyobudi, Yus Kuswinarno (2006) Analisis penerapan konsep balanced scorecard guna mengukur kinerja manajemen pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (209kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (76kB) | Preview |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Dari beberapa kerangka rancangan penilaian kinerja yang ada saat ini, balanced scorecard (BSC) merupakan pendekatan yang paling popular diterapkan. Terdapat empat perspektif utama pengukuran kinerja yang digunakan dalam balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Dengan penerapan balanced scorecard dalam mengukur kinerja manajemen perusahaan, nantinya diharapkan PT. Asuransi Jiwasraya akan mampu menentukan berbagai ukuran kinerja financial masa lalu, sekaligus mengelola factor pendorong kinerja masa depan yang meliputi ke tiga perspektif tersebut diatas yaitu pelanggan, bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran yang akan dilaksanakan secara ekspisit dan ketat ke dalam berbagai tujuan dan ukuran yang nyata untuk mencapai kinerja keuangan berjangka panjang, karena hal ini berhubungan dengan survival sebuah perusahaan terutama untuk mendapatkan customer satisfaction dan loyalitas employeer.
Balanced scorecard merupakan salah satu alternative pengukuran kinerja tersebut. Kelebihan dari balanced scorecard adalah karena pendekatan ini berusaha untuk melakukan pengukuran-pengukuran yang dilihat dari empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran. Dalam penelitian di PT Asuransi Jiwasraya Surabaya ini penulis menggunakan metode analisis empat perspektif yaitu : mengalisismsegi keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta dari segi pertumbuhan dan pembelajaran.
Dan dari penelitian diperoleh hasil yaitu dari segi perspektif keuangan factor-faktor yang diukur peningkatan meskipun tidak terlalu tinggi,dari segi perspektif pelanggan secara keseluruhan dapat dikatakan baik, dari perspektif proses bisnis internal juga mengalami peningkatan yang menguntungkan, juga dari perspektif belajar dan tumbuh menunjukkan adanya kepuasan dan loyalitas karyawan dalam melakukan tugasnya. Jadi kinerja PT. Asuransi Jiwasraya Surabaya secara keseluruhan dapat dikatakan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nama : Yus Kuswinarno Setyobudi NIM : 96230441 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis penerapan konsep, balance scorecard, kinerja manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Surya Dannie |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 01:27 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 01:27 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/734 |
Actions (login required)
View Item |