Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Penerapan e-government dalam upaya peningkatan public service (studi tentang pelayanan e-faktur di Kantor Pajak Pratama Kota Malang)

Sari, Dinda Intan Permata (2017) Penerapan e-government dalam upaya peningkatan public service (studi tentang pelayanan e-faktur di Kantor Pajak Pratama Kota Malang). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Salah satu peran pemerintah adalah bertugas dan berkewajiban memberikan pelayanan kepada masyarakat, pelayanan yang diberikan haruslah pelayanan yang prima, cepat, mudah, murah dan terjangkau oleh masyarakat. Adanya tuntutan masyarakat di dasari dengan semakin pahamnya masyarakat terhadap hak-hak mereka sebagai warga negara. Di sisi lain dalam penyelenggaraan pelayanan pemerintah kurang memperhatikan kebutuhan masyarakat nya serta banyak masalah-masalah yang terjadi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya adalah lambatnya pelayanan, untuk mengatasi masalah ini pemerintah mengambil langkah dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pelayanan bagi publik contohnya adalah Elektronik Faktur (E-Faktur). Tujuan langkah tersebut adalah demi meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan bagi para wajib pajak terutama dalam pengurusan Faktur Pajak yang dapat dilakukan secara online. Oleh karena itu, dengan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan e-government dalam upaya peningkatan public service pada pelayanan E-Faktur Pajak dan apa saja kelebihan dan kekurangan penerapan e-government tersebut dalam pelayanan E-Faktur Pajak.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan penerapan E-Government dalam Upaya Peningkatan Public Service pada pelayanan E-Faktur Pajak dan Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Penerapan E-Government dalam Upaya Peningkatan Public Service pada Pelayanan E-Faktur Pajak melalui wawancara yang dilakukan dengan para pegawai kantor pajak yang terkait dengan pelayanan E-Faktur serta wajib pajak pengguna E-Faktur yang melakukan proses administrasi nya di Kantor Pajak Pratama Kota Malang.
Jenis penelitian, penelitian ini pada dasarnya mencoba untuk mengamati dan mendeskripsikan realita sesungguhnya dari objek penelitian yang dalam hal ini adalah penerapan e-government dalam upaya peningkatan public service yang berfokus kepada pelayanan Elektronik Faktur (E-Faktur) Pajak di Kantor Pajak Pratama Kota Malang. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan penelitian deskriptif dalam penelitian ini karena secara prinsip dan tujuan dari jenis penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara rill suatu realita tertentu. Korelasinya dalam hal ini berdasarkan fenomena secara faktual maka fokus dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan E-Government dalam upaya peningkatan public service pada pelayanan E-Faktur Pajak dan Untuk mengetahui dan menganalisis kelebihan dan kekurangan dari penerapan e- government dalam upaya peningkatan public service pada pelayanan E-Faktur Pajak di Kantor Pajak Pratama Kota Malang. Pada penelitian ini mengambil lokasi penelitian di Kantor Pajak Pratama Kota Malang yang terletak di Jl. Merdeka Utara No.3, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua pegawai Kantor Pajak yang terlibat dalam pelayanan E-Faktur Pajak di Kantor Pajak Pratama Kota Malang serta Wajib Pajak para pengguna E-Faktur yang melakukan proses administrasi nya di Kantor Pajak Pratama Kota Malang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini kurang lebih 2% dari jumlah populasi yang ada yaitu para pegawai Kantor Pajak Pratama Kota Malang yang terlibat langsung dengan pelayanan E-Faktur serta para Wajib Pajak pengguna E-Faktur yang melakukan proses administrasi nya di Kantor Pajak Pratama Kota Malang. Sampelnya yaitu Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal, Sekretari Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal, Kepala Seksi Pelayanan serta Staf Bagian Pelayanan Elektronik Faktur (E-Faktur) Kantor Pajak Pratama Kota Malang dan 19 orang Wajib Pajak atau PKP Pengguna E-Faktur Pajak.
Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini pada bab sebelumnya maka dapat diambil beberapa kesimpulan penelitian sebagai berikut : Kualitas Pelayanan di Kantor Pajak Pratama (KPP) Kota Malang bisa dikatakan cukup baik. Hal ini karena pengaruh dari penerapan E-Government yang memanfaatkan Teknologi Informasi modern dalam melakukan pelayanannya khususnya pada pelayanan E-Faktur atau Elektronik Faktur Pajak. Kualitas tersebut dapat terlihat dari segi efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas pelayanan Kantor Pajak kepada para Wajib Pajak atau PKP. Dari segi efisiensi, pelayanan publik di KPP Kota Malang sudah cukup baik. Untuk pegawai KPP memberi kecepatan dalam melakukan pengecekan data dari data-data yang di upload oleh Wajib Pajak atau PKP. Seperti data-data E-Faktur pajak. Jika data sudah di upload oleh PKP maka akan secara otomatis masuk ke server dari KPP dan langsung dapat dilakukan pengecekan oleh pegawai KPP. Untuk PKP sendiri lebih efisien secara waktu dan biaya, mereka tidak perlu datang terus menerus ke KPP untuk melakukan proses administrasi. Dari segi efektifitas, penerapan e- government sudah cukup baik terutama dalam pelayanan E-Faktur Pajak. Untuk pegawai KPP sendiri dapat mengatasi masalah pemalsuan dan pembuatan faktur pajak fiktif oleh PKP tidak bertanggung jawab atau non-PKP. Dari segi transparansi, penerapan e-government yang dilakukan oleh KPP Kota Malang sudah menerapkan melalui website resmi yang dimiliki. Dalam website tersebut, informasi yang termuat sangatlah lengkap dan terdapat berbagai prosedur pelayan serta FAQ (Frequently Asked Questions) bagi para pengunjung baru website tersebut beberapa ragam pertanyaan yang sering ditanyakan sehubungan dengan Online Pajak. Dari segi akuntabilitas, penerapan e-government di KPP Kota Malang dapat membatu penyelenggara pelayanan yakni KPP Kota Malang sendiri dan para Wajib Pajak atau PKP dalam hal mempertanggung jawabkan data yang valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dinda Intan Permata Sari NIM : 13310033
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 20 Oct 2020 09:40
Last Modified: 04 Mar 2022 03:56
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item