Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Objektifitas liputan media massa cetak lokal Malang Raya pada berita kampanye calon walikota Batu 2017 (analisis isi harian Radar Batu dan Malang Post pada berita kampanye calon walikota Batu Edisi 28 Oktober 2016 – 11 Februari 2017)

Pringgowati, Nurul (2017) Objektifitas liputan media massa cetak lokal Malang Raya pada berita kampanye calon walikota Batu 2017 (analisis isi harian Radar Batu dan Malang Post pada berita kampanye calon walikota Batu Edisi 28 Oktober 2016 – 11 Februari 2017). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of HASIL CEK PLAGIASI 24% - OBJEKTIFITAS LIPUTAN MEDIA MASSA CETAK LOKAL MALANG RAYA PADA BERITA KAMPANYE CALON WALIKOTA BATU 2017.pdf]
Preview
Text
HASIL CEK PLAGIASI 24% - OBJEKTIFITAS LIPUTAN MEDIA MASSA CETAK LOKAL MALANG RAYA PADA BERITA KAMPANYE CALON WALIKOTA BATU 2017.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh Nurul Pringgowati, 1503300124, pembimbing I Bapak adalah Rochmad Effendy dan pembimbing II adalah Ibu Ana Mariani, judul penelitian “Objektifitas Liputan Media Massa Cetak Lokal Malang Raya Pada Berita Kampanye Calon Walikota Batu 2017”.
Pemberitaan kampanye calon Walikota Batu 2017 yang diterbiktan oleh Malang post dan Radar Batu, memiliki pengaruh kepada masyarakat Kota Batu dan sekitarnya. Ada empat pasang calon (paslon) yang maju merebutkan kursi Walikota dan Wakil Walikota 2017. Ada yang maju dengan dukungan partai-partai besar dan ada juga yang maju secara persorangan atau independen. Kampanye dan media tidak bisa terlepaskan, mengingat jangkauan media sampai ke pelosok desa, sangat dimungkinkan paslon ingin aktifitasnya diliput oleh media dan disebarkan ke masyarakat. Media dalam pemberitaanya harus berimbang untuk menjaga demokrasi, kesejahteraan
masyarakat sesuai dengan fungsinya, serta mematuhi kode etik jurnalistik. Namun, disamping itu media juga sebagai instansi bisnis.
Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana objektifitas Radar Batu dan Malang Post dalam menyajikan berita kampanye empat pasang calon Walikota Batu 2017.
Manfaat dari penelitian ini adalah mengembangkan studi ilmu komunikasi, khususnya bidang kajian komunikasi politik dan media massa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi deskriptif kuantitatif menggunakan rumus koefisien keberpihakan (coefficient of imbalance). Jenis penelitian yang membuat deskriptif secara spesifik, objektif, dan sistematis tentang objek yang sedang diamati dan pneliti sebagai instrumen kunci pada penelitian ini. Penelitian ini menggambarkan realitas yang sedang terjadi di masyarakat. Penelitian ini ditentukan lokasinya di Malang Post dan Radar Batu.

Berdasarkan hasil pengumpulan data dengan cara dokumentasi serta analisis yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa media cetak Malang post dan Radar Batu bahwa hasil koefisien keberpihakan menghasilkan dua media tersebut berpihak pada semua paslon Walikota Batu 2017 dengan menjukan sikap positifnya, namun masih bersikap objektif dalam pemberitaan. Adanya kurang adil dalam proporsional pemberitaan dari Malang Post.
Hasil penelitian di Malang post dan Radar Batu menjukan jika media cetak sebagai instansi bisnis diantara kepentingan bisnis dengan menjalankan fungsi pers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nurul Pringgowati NIM : 15033000124
Uncontrolled Keywords: Objektifitas, Koefisien Keberpihakan (coefficient of Imbalance), Komunikasi Politik, dan Ekonomi Politik Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:52
Last Modified: 15 Oct 2020 02:59
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item