Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata

Supriadi, Bambang ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3377-7065 and Roedjinandari, Nanny (2017) Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Universitas Negeri Malang, Malang. ISBN 978-979-495-995-4

[thumbnail of Perencanaan Destinasi Pariwisata.pdf]
Preview
Text
Perencanaan Destinasi Pariwisata.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Turnitin__perencanaan dan pengembangan.pdf.pdf]
Preview
Text
Hasil Cek Turnitin__perencanaan dan pengembangan.pdf.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Saat ini pariwisata menjadi industry global yang melibatkan wisatawan melakukan perjalanan internasional maupun nasional. Pariwisata telah mengalami diversifikasi berkelanjutan di bidang ekonomi yang mengalami pertumbuhan tercepat didunia, Sehingga setiap negara berlomba untukbersaing mendapatkan jumlah wisatawan sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi negara atau suatu daerah melalui aktivitas pariwisata. Atas dasar alas an ini penulis merasapenting untuk menerbitkan buku dengan judul Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata, karena buku ini membahas tentang: 1. Fungsi utama perencanaan dalam Ilmu Manajemen menitik beratkan pada fungsi utama, salah satu fungsi utama manajemen adalah perencanaan yang merupakan salah satu syarat mutlak untuk pengembangan destinasi pariwisata yang competitiveness atau berdaya saing, sehingga stakeholder (Individua atau kelompok yang memiliki kepentingan terhadap keputusan pariwisata) diharapkan kompeten membuat perencanaan pariwisata jauh ke depan dengan menggambarkan implementasi strategi tertentu untuk mendapatkan jumlah kunjungan dan pergerakan wisatawan sesuai target. 2. Pandangan Christaller (how tourist areas develop over time) tentang pengelolaan destinasi pariwisata dari waktu ke waktu: a. Pertumbuhan Destinasi Pariwisata b. Kunjungan Jenis wisatawan pada waktu yang berbeda: c. Perubahan pengalaman pariwisata (produk pariwisata): d. Perubahan dampak pada destinasi pariwisata: e. Keterlibatab penduduk stempat di destinasi pariwisata: f. Siklus baru menciptakan sebuah rintisan pariwisata baru. 3. Konsep Doxey Irritation Index yaitu konsep yang mempelajari untuk menghindari perselisihan hubungan antara wisatawan dan penduduk local, akibat peningkatan jumlah kedatangan wisatawan dan pandangan Butler yang didasarkan pada konsep bisnis/pemasaran Destination life cycle ataudaur hidup sebuah destinasi pariwisata yaitu sebuah teori dimana penjualan produk wisata secaraperlahan-lahan baru tumbuh, kemudian mengalami perkembangan yang cepat, dan stabilitas kunjungan wisatawan, selanjutnya mengalami kejenuhan atau penurunan. 4. Strategi pelaksanaan Destination Management Organizations (DMO) yang didasarkan pada pendekatan manajemen yang berorientasi pada pemangku kepentingan tujuan Bersama, mengingat sebuah destinasi pariwisata ditandai pola manajemen top-down dengan kebijakan langsung, kontrol administrative yang kuat dan garis-garis wewenang yang jelas dalam konteks intra-organisasi. Strategi mengikuti trend atau kecenderungan minat dan harapan pasar pariwisata terhadap tema utama 17 jenis destinasi yang saat ini sedang diminati wisatawan. 5. Empat hal penting (4A) sebagai komponen-komponen utama dalam perencanaan dan pengembangan destinasi pariwisata antara lain: a. Daya Tarik Wisata (Atractions) yang mencakup: daya Tarik yang bias berbasis utama pada kekuatan alam, budaya, maupun buatan/artificial, seperti event atau yang sering disebut sebagai minat khusus (special interest). b. Aksesibilitas (Accessibillity), yang mencakup dukungan system transportasi yang meliputi: rute atau jalur transportasi, fasilitas terminal, bandara, Pelabuhan dan moda transportasi yang lain. C. Amenitas (Amenities), yang mencakup fasilitas penunjang dan pendukung wisata yang meliputi: akomodasi, rumah makan (food and beverage), retail, took cideramata, fasilitas penukaran uang, biro perjalanan, pusat informasi wisata, dan fasilitas kenyamanan lainnya. d. Fasilitas Pendukung (Ancillary Services) yaitu ketersediaan fasilitas pendukung yang digunakan oleh wisatawan, seperti bank, telekomunikasi, pos, rumah sakit, dan sebagainya. 6. Studi analisis hasil penelitian tentang pengembangan resor, desa wisata dan wisata minat khusus.

Item Type: Book
Additional Information: Bambang Supriadi NIDN: 0709056601
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:29
Last Modified: 23 Mar 2024 03:13
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item