Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Erp (Enterprise Resource Planning) Terhadap Kualitas Informasi Akuntansi Dan Kinerja Manajerial Di Pt. Bank Mandiri (Persero) Cabang Malang : Laporan Penelitian Fundamental (Tahap II)

Sihwahjoeni, Sihwahjoeni and Arifin, Syaiful ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0111-8230 (2016) Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Erp (Enterprise Resource Planning) Terhadap Kualitas Informasi Akuntansi Dan Kinerja Manajerial Di Pt. Bank Mandiri (Persero) Cabang Malang : Laporan Penelitian Fundamental (Tahap II). Technical Report. Universitas Merdeka Malang, Malang.

[thumbnail of Laporan Penelitian Fundamental (Tahap 2) (Agustus 2016).pdf]
Preview
Text
Laporan Penelitian Fundamental (Tahap 2) (Agustus 2016).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan menguji pengaruh pengguna sistem ERP terhadap kualitas informasi akuntansi dan kinerja manajerial pengguna sistem ERP dalam penelitian ini menggunakan konsep End User Computing Satisfaction (EUCS)
yang diajukan oleh Doll dan Torkzadeh (2006). Dimana ukuran kepuasan
pengguna sistem ERP dipengaruh oleh 5 variabel yaitu content, accuracy, format,
ease of use, dan timelines. Alasan yang mendasari penggunaan pengukuran EUCS
adalah bahwa sistem ERP didisain untuk menyelesaikan masalah disintegrasi
informasi perusahaan organisasi dengan melakukan konsolidasi seluruh operasi
bisnis menjadi satu sitem yang terintegrasi.
Fenomena pengimplementasian ERP sudah mulai menyebar ke Indonesia,
baik perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa. Dengan penerapan ERP
diharapkan teritegrasinya data online untuk seluruh fungsi dalam perusahaan,
standarisasi dan akurasi data, mempermudah tugas manajemen sehari-hari,
meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan melalui alokasi sumberdaya
perusahaan secara optimal serta meningkatkan kualitas informasi akuntansi.
Informasi akuntansi dalam sebuah perusahaan adalah mengenai penajian laporan
keuangan yang dibuat oleh bagian akuntansi yang mempunyai tugas untuk
menyajikan laporan keuangan yang baik dan berkualitas. Informasi yang
berkualitas tersebut akan berguna sebagai alat untuk pengambilan keputusan
secara tepat dan sebagai patokan bagi mnajer perusahaan untuk mengukur kinerja
keuangan perusahaan dengan melihat laporan keuangan yang dihasilkan.
Populasi penelitian ini adalah pengguna sistem ERP level manajer yang
telah menggunakan sistem ERP di PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Malang.
Pengumpulan informasi mengenai perusahaan dilakukan dengan mencari melalui
mesin pencari (google). Setelah mendapatkan ingormasi tentang perusahaan,
tahap berikutnya adalah menanyakan kesediaan perusahaan untuk mengisi
kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan pengiriman kuesioner melalui
jasa pos, e-mail, dan datang langsung ke perusahaan, terkait.
Pencapaian tujuan dalam penelitian ini yaitu integrasi data keuangan,
standarisasi proses operasi, serta standarisasi data dan informasi. Integrasi data
keuangan, dalam hal ini karena semua data disimpan secara terpusat, maka para
eksekutif perusahaan memperoleh data yang uptodate dan dapat mengatur
keuangan perusahaan dengan lebih baik. Standarisasi proses operasi, ERP
menerapkan sistem yang standar dimana semua divisi akan menggunakan sistem
dengan cara yang sama, sehingga operasional perusahaan akan berjalan dengan
efisien dan efektif. Standarisasi data dan informasi, dalam hal ini database terpusat
yang diterapkan pada ERP akan membentuk data yang standar, sehingga
informasi dapat diperoleh dengan mudah dan fleksibel untuk semua divisi yang
ada dalam perusahaan.
Kepuasan Pengguna Sistem ERP berpengaruh signifikan terhadap kualitas
informasi akuntansi. Hal ini menunjukkan bahwa para pengguna sistem merasa
puas dengan kualitas informasi yang dihasilkan, karena memenuhi kriteria akurat,
tepat waktu, relevan, mudah dipahami, serta detail dan benar (accuracy,
timeliness, relevance, informativeness, dan competitiveness). Dengan adanya
ii
sistem ERP memberikan banyak manfaat dan perbaikan dari segi, kerja sama
antara manajer dan karyawan, konsolidasi keuangan, pemasaran dan penjualan,
sumber daya manusia, dan aplikasi manufaktur, informasi manajemen yang
tersedia real-time tersedia dimana saja dan kapan saja, juga informasi sistem
untuk manajemen persediaan, serta mengatur biaya tenaga kerja, lembur, dan
waktu pengiriman. Kepuasan Pengguna Sistem ERP berpengaruh signifikan
terhadap kinerja manajerial. Pengelolahan manajemen yang tepat dan efektif dari
sistem ERP sangat penting untuk keberhasilan implementasi ERP. Seorang
manajer yang berkompeten merupakan faktor yang paling penting dalam
implementasi sistem informasi. Kualitas informasi akuntansi mampu memediasi
pengaruh kepuasan pengguna sistem ERP terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Additional Information: Syaiful Arifin NIDN: 0715077101
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:31
Last Modified: 25 Jan 2024 01:31
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item