Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Strategi Pengembangan Taman Wisata Air Wendit Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Malang

Islami, Nungky Wanodyatama and Khouroh, Umu ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8543-9044 (2022) Strategi Pengembangan Taman Wisata Air Wendit Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Malang. Karta Rahardja : Jurnal Pembangunan Dan Inovasi, 4 (2). pp. 1-14. ISSN 2686-309X (E) ; ISSN: 2686-2212 (P)

[thumbnail of 3.B.7.4. Strategi Pengembangan Taman Wisata Air Wendit Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Malang.pdf]
Preview
Text
3.B.7.4. Strategi Pengembangan Taman Wisata Air Wendit Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Malang.pdf

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi.pdf]
Preview
Text
Hasil Cek Plagiasi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi potensi Taman Wisata Air Wendit (TWAW) sebagai wisata edukasi, mengetahui kendala dan tantangan pengembangan TWAW sebagai wisata edukasi dan membuat rumusan program dan strategi pengembangan TWAW sebagai Wisata Edukasi pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain analisis deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini wisatawan yang berkunjung ke TWAW. Peneliti melakukan pengiriman kuesioner para wisawan yang pernah mengunjungi TWAW. Analisis data yang menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk mengelola TWAW sebagai wisata edukasi adalah mengembangkan produk, mengembangkan
pasar dan promosi dan mengelola TWAW dengan efektif. Model pengelolaan yang cocok dengan memadukan aspek daya tarik wisata alam, sejarah-budaya, olah raga dan hiburan serta wisata buatan yang ada dengan aspek edukasi untuk menciptakan pengalaman dalam pembelajaran dengan didukung sinergi pentahelix dan pengembangan model bisnis canvas. Pengembangan daya tarik dan daya saing TWAW dilakukan dengan melakukan diversifikasi antara lain melindungi aspek ekologis, mengidentifikasi
fauna, flora, geologi dan ekologi, membuat interpretasi obyek, pembuatan paket wisata, pengembangan sumberdaya manusia, pengembangan atraksi wisata, pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana, melakukan pemasaran dan promosi efektif serta menjalin komunikasi dan koordinasi antar stakeholder.

Item Type: Article
Additional Information: Umu Khouroh NIDN: 0017067202
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Wisata Edukasi, Pandemi Covid-19
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 04 Jun 2023 07:02
Last Modified: 04 Jun 2023 07:02
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item View Item