Dalulia, Primahasmi ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8154-7734, Hartana, Lintang Pramesta, Putri, Digitha Oktaviani ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7025-3164 and Fauzy, Muchammad Riza (2021) Analisis Bullwhip Efect pada Kegiatan Supply Chain Perishable Product. Journal of Industrial View, 3 (2). pp. 18-26. ISSN 2685-3159
Preview |
Text
Artikel JIV Bulwip Lengkap.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
UD. Sayur Mayur merupakan perusahaan distributor sayur-mayur, buah-buahan dan bahan baku makanan lainnya yang melakukan pemesanan produk kepada pemasok lalu didistribusikan ke setiap retail, dimana tujuan distribusi yang memasok bahan baku makanan dari UD. Sayur Mayur berada di wilayah Malang Raya, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dalam memenuhi permintaan retailer, perusahaan melebihkan jumlah pesanan kepada pemasok sebesar 9% hingga 40% terganting jenis produk untuk mengantisipasi adanya cacat/rusak karena produk bersifat perishable atau tidak tahan lama. Pertimbangan melebihkan pesanan tersebut ternyata berdampak pada timbulnya bullwhip effect atau peningkatan variabilitas permintaan. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai bullwhip effect di tingkat distributor, tingkat retailer dan tingkat retailer kategori produk, sehingga nilai bullwhip effect merupakan dasar penentuan rekomendasi perbaikan untuk mengatasi permasalahan bullwhip effect pada perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat diketahui bahwa terjadi bullwhip effect sebesar 81.3% di tingkat distributor, 80% di tingkat retailer, dan 66.7% di tingkat retailer kategori produk. Produk maupun kategori yang mengalami bullwhip effect dimana nilai BE lebih besar dari parameternya dipengaruhi oleh adanya selisih yang cukup signifikan antara demand dan order, sedangkan produk maupun kategori yang berada di posisi stabil dipengaruhi oleh selisih antara demand dan order yang tidak signifikan sehingga nilai BE tidak melebihi parameternya.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Muchammad Riza Fauzy NIDN: 0708099202 |
Uncontrolled Keywords: | bullwhip effect, distributor, pemasok, perishable product, retail |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Rita Juliani |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 17:47 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 17:47 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3212 |
Actions (login required)
View Item |