Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui teknologi digital dalam proses belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang

Asmoro, Bramantyo Tri, Dwinugraha, Akbar Pandu ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7250-1301 and Faridah, Lilik (2021) Peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui teknologi digital dalam proses belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of 8. Peningkatan Kompetensi Tenaga pendidik melalui Teknologi Digital dalam Proses Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang.pdf]
Preview
Text
8. Peningkatan Kompetensi Tenaga pendidik melalui Teknologi Digital dalam Proses Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang.pdf

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Similarity.pdf]
Preview
Text
Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan memberikan rekomendasi
terkait peningkatan kompetensi tenaga pendidik apa yang diperlukan dalam menghadapi pembelajaran
di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian
kombinasi (Mixed Methods) yang bersifat eksploratori untuk mengungkap berbagai faktor terkait proses
kegiatan belajar yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Lingkup yang
dijadikan lokasi penelitian adalah instansi pendidikan mulai tingkat TK, SD sampai dengan SMP yang
tersebar di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan
metode purposive sampling menyeluruh berdasarkan kriteria inklusi. Responden meliputi guru, tenaga
kependidikan non guru, peserta didik SMP, maupun wali murid peserta didik TK dan SD di seluruh
kecamatan di Kabupaten Malang. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa kompetensi pendidik yang
dibutuhkan menyesuaikan persoalan yang diantaranya adalah ketidakmampuan siswa memahami materi
yang diberikan oleh guru, instruksi dari materi tersebut belum maksimal untuk dipahami oleh peserta
didik serta peserta didik merasa pembelajaran daring membosankan dan membuat anak jenuh meliputi
tutorial learner centered, tutorial work example, games education, metode sinkronus dan asinkronus yang
dapat membantu guru untuk mendukung kompetensi guru dalam aspek pedagogi, kepribadian, sosial
dan profesional di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Nama : Akbar Pandu Dwinugraha NIDN : 0723128902
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, pembelajaran, daring, Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 12 Feb 2023 09:11
Last Modified: 21 Feb 2023 02:39
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3043

Actions (login required)

View Item View Item