Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui teknologi digital dalam proses belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang

Asmoro, Bramantyo Tri, Dwinugraha, Akbar Pandu ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7250-1301 and Faridah, Lilik (2021) Peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui teknologi digital dalam proses belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Karta Rahardja : Jurnal Pembangunan Dan Inovasi, 31 (1). pp. 1-8. ISSN 2686-309X (E) ; ISSN: 2686-2212 (P)

[thumbnail of 8. Peningkatan Kompetensi Tenaga pendidik melalui Teknologi Digital dalam Proses Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang.pdf]
Preview
Text
8. Peningkatan Kompetensi Tenaga pendidik melalui Teknologi Digital dalam Proses Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang.pdf

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Similarity.pdf]
Preview
Text
Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan memberikan rekomendasi terkait peningkatan kompetensi tenaga pendidik apa yang diperlukan dalam menghadapi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian kombinasi (Mixed Methods) yang bersifat eksploratori untuk mengungkap berbagai faktor terkait proses
kegiatan belajar yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Lingkup yang dijadikan lokasi penelitian adalah instansi pendidikan mulai tingkat TK, SD sampai dengan SMP yang tersebar di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling menyeluruh berdasarkan kriteria inklusi. Responden meliputi guru, tenaga kependidikan non guru, peserta didik SMP, maupun wali murid peserta didik TK dan SD di seluruh kecamatan di Kabupaten Malang. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa kompetensi pendidik yang
dibutuhkan menyesuaikan persoalan yang diantaranya adalah ketidakmampuan siswa memahami materi yang diberikan oleh guru, instruksi dari materi tersebut belum maksimal untuk dipahami oleh peserta didik serta peserta didik merasa pembelajaran daring membosankan dan membuat anak jenuh meliputi tutorial learner centered, tutorial work example, games education, metode sinkronus dan asinkronus yang
dapat membantu guru untuk mendukung kompetensi guru dalam aspek pedagogi, kepribadian, sosial dan profesional di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang

Item Type: Article
Additional Information: Nama : Akbar Pandu Dwinugraha NIDN : 0723128902
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, pembelajaran, daring, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 12 Feb 2023 09:11
Last Modified: 08 Aug 2023 04:23
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3043

Actions (login required)

View Item View Item