Habiba, Nur Allela (2017) Pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) (studi kualitas pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (351kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (126kB) | Preview |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Tugas Negara adalah melayani masyarakat, sehingga pelayanan publik adalah suatu keharusan bagi Negara untuk diberikan kepada masyarakat. Begitu pula pelayanan dalam bidang kesehatan, di Indonesia pelayanan kesehatan
merupakan salah satu pelayanan publik yang diutamakan. Karena tingkat kesehatan masyarakat mencerminkan Negara yang maju. Pelayanan kesehatan terebut diawali di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) sebagai ujung tombak pelayanan dan pengembangan kesehatan di Indonesia. Oleh karena itu bagaimana pelayanan kesehatan di Puskesmas perlu perhatikan untuk mengetahui kualitas
pelayanan kesehatan. Sehingga kepuasan masyarakat yang menjadi tujuan pelayanan dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di Pukesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Melalui sistem pelayanan serta faktor pendorong dan penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Penelitian ini berguna
untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis serta masyarakat tentang pelayanan kesehatan dan dapat dijadikan referensi sebagai penelitian berikutnya. Serta dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelayanan kesehata di Puskesmas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui pengumpulan data sekunder, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur
Kabupaten Malang sebagai Puskesmas Induk di wilayah Bantur bagian selatan. Informan dalam penelitian ini yaitu semua pegawai yang terkait langsung dengan pelayanan masyarakat di Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabuaten Malang. Serta masyarakat atau pasien tiga bulan terakhir sebagai penerima layanan Puskesmas.
Hasil Penelitian terhadap kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas di Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabuaten Malang diukur dengan menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan publik yakni Bukti Langsung xv (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empaty). Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Bantur telah efektif karena telah mendapatkan penilaian yang baik dari
masyarakat berdasarkan kelima indikator peniaian yang digunakan, hal ini ditunjukan dengan rekapitulasi kelima indikator kualitas pelayanan sudah berada diatas 60%, hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang
diberikan sudah baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nur Allela Habiba NIM : 13310030 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Publik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Gendhis Dwi Aprilia |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 01:41 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 01:41 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2751 |
Actions (login required)
View Item |