Febriyanto, Andik (2003) Perancangan alat pengering produk olahan pisang berdasarkan voice of customer. Jurnal Diagonal, 4 (1).
Full text not available from this repository.Abstract
Pisang merupakan tanaman asli daerah Asia Tenggara termasuk Indonesia, dengan daerah pertumbuhan antara 30 derajat LU - 30 derajat LS (Lou Secke, 1949). Di beberapa daerah di kota Malang dalam memproduksi produk olahan pisang, selama ini dilakukan secara tradisional yaitu dengan cara diangin-anginkan dan dipanaskan oleh sinar matahari di tempat terbuka sehingga pengeringan dengan matahari memerlukan luas lahan untuk permukaan pengeringan yang relatif besar, adanya kontaminasi yang berasal dari debu, insekta dan burung yang mengakibatkan produk rusak.
Penelitian ini bertujuan mencari rencana rancangan produk dari alat pengering sehingga sesuai dengan keinginan para pengguna alat pengering. Untuk menterjemahkan keinginan konsumen (Voice of Customer) dalam perancangan produk digunakan metode Quality Function Deployment (QFD) tahap pertama yang diintegrasikan dengan Analisa Fungsi, Brainstorming, Evaluasi Alternatif dan Peta Morfologi. QFD memberi dampak positif bagi suatu produksi seperti mereduksi biaya perancangan, meningkatkan efisiensi produksi dan menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Dari hasil penelitian dapat ditarik suatu kesimpulan melalui klasifikasi pertanyaan konsumen diantaranya praktis, kualitas produk olahan pisang yang baik, alat pengering handal. Responden ternyata lebih mementingkan bisa bongkar pasang, kapasitas produk olahan yang dikeringkan, menggunakan tenaga listrik sebagai sumber bahan bakar dan dapat digunakan dalam ruang tertutup.
Berdasarkan perhitungan nilai produktifitas apabila dilakukan secara alamiah didapatkan nilai produktifitas sebesar 1,4349 sedangkan menggunakan alat pengering didapatkan nilai produktifitas sebesar 1,6140 sehingga alat pengering layak untuk dibuat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quality fuction development, perancangan produk, produktifitas, voice of customer. |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | tassa Natassa Auditasi |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:57 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 04:57 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2675 |
Actions (login required)
View Item |