Prasetiya, Rizki (2011) Studi analisis operasional Terminal Hamid Rusdi Kota Malang. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Terminal merupakan sarana transportasi yang digunakan penumpang untuk melakukan pergantian moda angkutan umum, ditinjau dari sistem jaringan, terminal berfungsi sebagai penunjang kelancaran mobilisasi orang dan arus barang serta tempat perpaduan intra dan antar moda secara lancar dan tertib. Apabila fungsi terminal dapat berjalan dengan baik maka keberadaan terminal dapat sebagai core activity yang menarik kegiatan-kegiatan lainnya sehingga dapat terjadi pusat pertumbuhan baru di kawasan sekitar terminal. Namun pada kenyataannya banyak terminal-terminal yang telah dibangun oleh pemerintah tidak dapat berfungsi secara maksimal seperti yang terjadi pada terminal angkutan umum Hamid Rusdi Kota Malang. Namun kenyataanya terminal yang telah dibangun dengan baik ini tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Penumpang dan pengemudi enggan memanfaatkan terminal. Kondisi ini mengakibatkan aktivitas dan mobilitas di terminal kurang berjalan dengan baik dan membawa dampak kurang berkembangnya aktivitas di sekitar lokasi terminal. Dengan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah penyebab kurang maksimalnya pemanfaatan fungsi terminal.
Transportasi merupakan sistem jaringan yang secara fisik menghubungkan satu ruang kegiatan dengan ruang kegiatan yang lainnya. Bila akses transportasi ke suatu ruang (lahan) dibentuk atau diperbaiki maka ruang kegiatan tersebut akan menjadi menarik dan menjadi lebih berkembang. Kegiatan transportasi yang terwujud menjadi lalu lintas pada hakekatnya adalah kegiatan yang menghubungkan dua lokasi guna lahan dari suatu tempat ke tempat lain, yang berarti memindahkannya dari satu guna lahan ke guna lahan yang lainnya dan hal ini berarti mengubah nilai ekonomi orang atau barang tersebut.
Untuk mencapai tujuan dan sasaran penelitian, metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menggambar kondisi sistem aktivitas, pemanfaatan terminal dan kebijakan pengembangan wilayah. Sedang analisis kuantitatif yaitu analisis skoring, digunakan untuk penilaian terhadap persepsi penumpang dan pengemudi serta pengelola terminal tentang tingkat pelayanan terminal.
Dari hasil analisis, didapat temuan studi penyebab kurang maksimal pemanfaatan fungsi terminal yaitu kondisi sistem aktivitas kota dan pola pergerakan kota yang cenderung terkonsentrasi di pusat kota membuat keberadaan terminal angkutan umum di Kota Malang kurang menarik bagi penggunanya, karena jarak terminal yang cukup jauh dari pusat-pusat kegiatan kota. Dilihat dari pemanfaatan fungsi terminal, aspek operasional dan kondisi fisik sudah memadai tetapi kurang didukung oleh sistem transportasi secara keseluruhan. Tingkat aksesibilitas terminal yang kurang baik seperti lokasi terminal yang terlalu jauh dari jalan utama, kurangnya keterkaitan terminal dengan sistem transit lokal membuat fungsi terminal kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nama : Rizki Prasetiya |
Uncontrolled Keywords: | Terminal, Operasional terminal |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Gendhis Dwi Aprilia |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 03:23 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 03:23 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2554 |
Actions (login required)
View Item |