Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Pelaksanaan promosi yang efektif guna meningkatkan tingkat hunian kamar pada hotel Kusuma Agrowisata Batu

Wesil, Wesil (2011) Pelaksanaan promosi yang efektif guna meningkatkan tingkat hunian kamar pada hotel Kusuma Agrowisata Batu. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Target dari Kusuma Agrowisata Hotel adalah wisatawan domestik yang kebanyakan melakukan bisnis ataupun hanya sekedar berlibur ke Batu. Kusuma Agrowisata Hotel merupakan salah satu hotel yang cukup lama yang ada di Kota Batu banyaknya pesaing baru perusahaan dituntut agar dapat menentukan strategi bauran apa yang tepat guna meningkatkan hunian sebagai faktor penunjang dari strategi bauran pemasaran. Ditinjau dari segi bauran pemasaran yang dilakukan Kusuma Agrowisata Hotel secara umum dapat dikatakan cukup baik karena terletak pada lokasi yang strategis, produk jasa yang unik dan variatif, dan harga yang cukup bersaing. Sedangkan untuk kegiatan promosi yang selama ini digunakan Kusuma Agrowisata Hotel adalah advertising, personal selling, sales promotion dan publicity. Hal ini terbukti Kusuma Agrowisata Hotel mengadakan kerjasama dengan travel agent yang mengurus perjalanan ke Batu, tidak hanya itu Kusuma Agrowisata Hotel cukup sering mengadakan konser musik yang mendatangkan artis-artis Indonesia hal ini merupakan nilai tambah bagi perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor promotional mix yang terdiri dari Advertising (X1), Personal Selling (X2), Sales Promotion (X3), Publicity (X4) terhadap hunian kamar pada Hotel Kusuma Agrowisata Batu, dan untuk untuk menganalisis di antara faktor-faktor promotional mix yang terdiri dari Advertising (X1), Personal Selling (X2), Sales Promotion (X3), Publicity (X4) yang berpengaruh dominan terhadap hunian kamar pada Hotel Kusuma Agrowisata Batu. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi berganda, uji F dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa promosi yang terdiri dari advertising, personal selling, sales promotion dan publicity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian yang ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel (264,204 > 19,25). Variabel advertising, personal selling dan sales promotion secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel atau nilai signifikansi lebih kecil dari  = 0,05. Sedangkan publicity secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap tingkat hunian. Dengan demikian promosi yang terdiri dari advertising, personal selling dan sales promotion merupakan faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran, hal dapat dilihat dari koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 0,994 yang berarti bahwa advertising, personal selling, sales promotion dan publicity mampu memberikan kontribusi terhadap tingkat hunian pada Kusuma Agrowisata Hotel Batu sebesar 99,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Wesil
Uncontrolled Keywords: Promosi, Hotel Kusuma Agrowisata Batu
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:07
Last Modified: 15 Feb 2022 05:22
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item View Item