Dyah S, Niken (2005) Pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. PLN (Persero) APJ Malang. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Diadakannya penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan, sehingga perusahaan mampu memberikan dorongan terhadap karyawan agar menghasilkan kinerja yang baik. Adanya insentif yang diberikan kepada karyawan maka diharapkan para karyawan tersebut bisa bekerja lebih baik dan dapat menunjang kepuasan kerja. Pemberian penghargaan berupa sejumlah uang atas dasar prestasi kerja yang tinggi mengandung arti ada rasa pengakuan dari organisasi atas prestasi kerja pegawai dan kontribusinya terhadap organisasi. Pemberian insentif berupa upah kepada pegawai akan dapat memenuhi kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, dan kebutuhuan sosialnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah motivasi kerja mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja. Populasi dari penelitian ini sebanyak 343 orang dan diambil 50 orang yang menjadi sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. PLN (Persero) APJ Malang. Hal ini berarti pimpinan diharapkan memberikan pengarahan kepada karyawan tentang kesadaran akan tanggung jawabnya masing-masing. Dalam hal ini pimpinan harus memberikan penjelasan kepada semua karyawan untuk menyadari akan tanggung jawabnya sebagai karyawan, maka akan diperoleh suatu manfaat bagi perusahaan dan karyawan itu sendiri tidak lagi hanya menuntut haknya tetapi karyawan akan menyadari apa yang menjadi kewajibannya dan tidak lagi bersifat masa bodoh tetapi akan loyal terhadap perusahaan. Suasana yang harmonis dan hubungan kerja yang baik antara karyawan dengan karyawan dan karyawan dengan atasan akan menciptakan kepuasan kerja dalam melakukan pekerjaan. Kepuasan kerja yang dinikmati dalam pekerjaan dengan memperoleh pujian hasil kerja, penempatan, perlakuan, peralatan, dan suasana, lingkungan kerja baik. Karyawan yang lebih suka menikmati kepuasan kerja dalam pekerjaan akan lebih mengutamakan pekerjaannya dari pada balas jasa walaupun balas jasa itu penting. Kepuasan kerja mencerminkan perasaan kerja seseorang terhadap pekerjaannya. Ini nampak dalam sikap positif karyawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang dihadapi di lingkungan kerjanya manajemen harus senantiasa memonitor kepuasan kerja. Kepuasan kerja mempunyai banyak dimensi secara umum tahap yang diamati adalah kepuasan dalam pekerjaan itu sendiri, gaji, pengakuan hubungan antara supervisor dengan tenaga kerja dan kesempatan untuk maju, setiap dimensi menghasilkan perasaan puas secara keseluruhan dengan pekerjaan itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nama : Niken Dyah S |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, kepuasan kerja, insentif |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Gendhis Dwi Aprilia |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 15:07 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 04:22 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2419 |
Actions (login required)
View Item |