Nurita, Riski Febria (2017) Penerapan layanan e-government pada pemerintah daerah Kota Malang untuk mewujudkan good governance. Technical Report. Universitas Merdeka Malang, Universitas Merdeka Malang.
Preview |
Text
Penerapan layanan e-government pada pemerintah daerah Kota Malang untuk mewujudkan good governance.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
E-Government di Indonesia mulai dibahas sejak tahun 2001 yaitu sejak munculnya Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tanggal 24 April 2001 tentang Telematika (Telekomunikasi, Media dan Informatika) yang menyatakan bahwa aparat pemerintah harus menggunakan teknologi telematika untuk mendukung good governance dan mempercepat proses demokrasi. E-Government sendiri dikembangkan akibat adanya tuntutan global dalam bidang teknologi dan informasi serta mengalami perubahan-perubahan yang kompleks dalam berbagai kehidupan Bangsa dan Negara menuju masyarakat informasi. Hal-hal tersebut diatas diperkuat dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik , Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik atau biasa disingkat dengan Undang-Undang KIP serta Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik atau biasa disingkat dengan Undang-Undang ITE . Begitupula di Kota Malang e-Government telah diterapkan oleh pemerintah kota Malang khususnya dalam bidang perizinan yang memang sangat dekat dengan masyarakat di Kota Malang , namun terdapat 3 faktor yang menjadi permasalahan di kota Malang terkait dengan e-Government dalam bidang Perizinan yaitu : sebagian besar masyarakat kota Malang masih banyak yang melakukan pelanggaran, sebagian besar masyarakat Kota Malang masih banyak yang belum mengetahui apakah layanan e-Government itu dan banyak yang belum memanfaatkan layanan tersebut, website layanan e-Government Badan Perizinan tidak selalu update. Ketiga faktor tersebut terjadi karena dari segi pengaturan terjadi ketidaklengkapan hukum. yang mengatur mengenai layanan e-Government di dalam Peraturan Walikota Malang , selama ini hanya sebatas mengatur mengenai layanan keterbukaan informasi publik saja namun tidak mengatur mengenai optimalisasi transaksi pelayanan publik melalui layanan e-Government.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Additional Information: | Nama : Riski Febria Nurita; NIDN : 0713028904 |
Uncontrolled Keywords: | E-government, good governance, perizinan |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Gendhis Dwi Aprilia |
Date Deposited: | 06 Feb 2022 14:47 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 02:12 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2385 |
Actions (login required)
View Item |