Adi, Dodot Sapto (2014) Intercultural Reception pada perilaku bisnis antar etnik pedagang di lingkungan pasar tradisional. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1 (1). ISSN 1829-7528
Full text not available from this repository.Abstract
Intensitas hubungan sosial dan bisnis dalam konteks antar pribadi maupun kelompok, semakin penting dalam rangka mencapai stabilitas dan keberlangsungan hidup dalam masyarakat yang multi etnik, dan peran terbesarnya dipikul oleh komunitas etnik mayoritas dalam berinisiasi untuk melakukan interaksi. Kondisi tersebut arahnya membangun kesadaran untuk membuka diri terhadap realita sosial dan bisnis yang ada, karena akan mengakibatkan keterlibatan dalam bentuk dialog sosial yang murni, dan secara konstan menyediakan waktu untuk menanggapi tuntutan-tuntutan baru yang bersumber dari situasi yang berkembang. Lebih lanjut kebiasaan baru tersebut, akan menjadi proses transformasi struktural yang diekspresikan dalam bentuk sikap dan perilaku. Semikian pula dalam sentra bisnis tradisional yang mempertimbangkan aktifitas pedagang dalam lingkungan pasar, akan mengedepankan proses intercultural reception untuk mengembangkan potensi yang ada, khususnya dalam proses interaksi dengan pihak-pihak yang memiliki keterlibatan tinggi dengan kepentingan pelaku pasar. Proses komunikasi bisnis yang melibatkan berbagai peran akan membawa pada bentuk efektivitas, yaitu sebagai cermin bagi perilaku komunikasi antar etnik yang diwujudkan dalam kehidupan di lingkungan pasar tradisional.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intercultural Reception, perilaku komunikasi pedagang, hubungan bisnis antar etnik, pasar tradisional. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Surya Dannie |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:26 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:26 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2109 |
Actions (login required)
View Item |