Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Penerapan strategi Multilevel Marketing terhadap peningkatan volume penjualan di Stockist K-Link Ponorogo

Wati, Diana and Susilo, Eko Agus (2014) Penerapan strategi Multilevel Marketing terhadap peningkatan volume penjualan di Stockist K-Link Ponorogo. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1 (1). pp. 18-30. ISSN 1829-7528

[thumbnail of 7. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 1 No1 Tahun 2014.pdf]
Preview
Text
7. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 1 No1 Tahun 2014.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi multilevel marketing di Stockist K-Link Ponorogo. Instrumen dalam penelitian ini diperoleh dari teori Multi Level Marketing (Pemasaran Multi Tingkat), adalah metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem penjualan langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan didalam kelompoknya. Menurut Kotler yang dikutip dari Swastha dan Irawan (2003:404) menyimpulkan bahwa ada beberapa indikator dari volume penjualan adalah mencapai volume penjualan tertentu, mendapatkan laba tertentu dan menunjang pertumbuhan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah informan dari Stockist K-Link Ponorogo. Dalam mengumpulkan data digunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, studi kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi multilevel marketing di Stockist K-Link Ponorogo berjalan dengan cukup baik, akan tetapi masih terdapat kendala-kendala dalam proses penerapan strategi multilevel marketing sehingga berdampak pada penurunan volume penjualan sepanjang tahun 2012-2013. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi marketing di Stockist K-Link Ponorogo adalah membuat impian dan goal, mengundang rekan bisnis dan presentasi bisnis. Saran yang diberikan yaitu memperketat peraturan terhadap setiap anggota tim K-Link dan memberikan sanksi terhadap anggota yang melanggar peraturan, mencatat setiap hasil transaksi penjualan dengan sistematis baik berupa hardcopy maupun softcopy, menambah dan meningkatkan fasilitas dari Stockist K-Link Ponorogo supaya seluruh anggota tim dapat bekerja dengan baik dan semangat.

Item Type: Article
Additional Information: Eko Agus Susilo NIDN: 0728057402
Uncontrolled Keywords: Strategi, multilevel marketing, volume penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Bisnis
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:22
Last Modified: 13 Feb 2024 07:00
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item