Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Pengaruh faktor Internal dan Eksternal Owner terhadap keputusan pembelian member komunitas Online Shop Malang

Wijayanti, Agnes Dwi and Wiyani, Wahyu (2014) Pengaruh faktor Internal dan Eksternal Owner terhadap keputusan pembelian member komunitas Online Shop Malang. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1 (1). ISSN 1829-7528

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dilakukan pada Komunitas Online Shop Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh faktor internal dan eksternal yang dimiliki setiap owner online shop terhadap keputusan pembelian member komunitas online shop malang, serta mengetahui faktor apakah yang lebih berpengaruh dalam mempengaruhi para owner untuk memutuskan membeli member komunitas online shop malang. Komunitas online shop malang ini dibentuk untuk menyatukan penjual-penjual barang dagang di wilayah kota malangyang menggunakan cara online dalam satu wadah atau komunitas yang baik dan bermanfaat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas online shop malang yang berjumlah 40 orang dan kemudian diambil sampel secara keseluruhan yaitu sampling jenuh sebanyak 40 anggota yang memiliki perbedaan usia, status, dan jenis kelamin. Untuk memperoleh data penulis menyebarkan kuesioner kepada anggota komunitas online shop malang. Pengolahan data menggunakan rumus korelasi person product moment dan kemudian dilakukan pengujian hipotesis.

Berdasarkan hasil penelitian, faktor Internal (persepsi, motivasi, sikap, proses pembelajaran) maupun faktor eksternal (sosial, budaya, marketing mix) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian member komunitas online shop malang. Hal ini dapat dilihat pada nilai F sebesar 0.328 sedangkan nilai probabilitasnya atau Sig. F adalah sebesar 0.935. Karena probabilitasnya lebih besar dari 0.05 atau alpha 5%, maka dapat dikatakan seluruh variabel tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian member komunitas online shop malang. Jadi tidak ada satupun variabel baik dari faktor internal (persepsi, motivasi, sikap, proses pembelajaran) maupun faktor eksternal (sosial, budaya, dan marketing mix) tidak ada yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian member komunitas online shop malang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Faktor Eksternal, dan Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Bisnis
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:18
Last Modified: 20 Jan 2022 03:18
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item