Anugraheny, Putri and Rosikin, Zainur (2014) Pengaruh budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap struktur keputusan pembelian Smartphone merk Blackberry (Studi pada konsumen Smartphone di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1 (1). ISSN 1829-7528
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, pribadi, psikologis, secara simultan, parsial dan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen smartphone merek Blackberry di FISIP Unmer Malang. Manfaat penelitian ini dapat menjadi referensi peneliti selanjutnya untuk penelitian yang berkaitan dengan pengaruh budaya, sosial, pribadi, dan psikologis konsumen dalam pengambilan keputusan pembeliann suatu produk, dalam penelitian ini produk tersebut adalah smartphone blackbery.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda serta menggunakan uji hipotesis yaitu uji F untuk mengetahui pengaruh variabel sosial, budaya, pribadi, psikologis secara bersama terhadap variabel struktur keputusan pembelian dan uji T untuk mengetahui apakah masing-masing variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Lokasi penelitian yaitu FISIP Unmer Malang. Yang mana popilasinya, yaitu konsumen smartphone merk Blackberry di FISIP Unmer Malang. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 130 orang berdasarkan hail survey awal. Dengan sampel, 60 orang didasari atas dasar penentuan jumlah sampel sesuai dengan yang disarankan oleh Roscoe dalam buku Research Methods For Business (dalam Sugiyono, 2010:129) yang mengatakan bahwa "Bila dalam penelitian akan melakukan analisis dengan multivariate (kolerasi atau regresi ganda misalnya), maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti.
Berdasarkan penelitian, maka diperoleh hasil yaitu secara simultan variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis berpengaruh terhadap variabel struktur keputusan pembelian. Dengan menggunakan uji T, menunjukkan bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur keputusan pembelian. Dan diketahui bahwa, variabel faktor pribadi merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian secara statistik dan hipotesis dapat diterima atau teruji.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor budaya, faktor sosial, faktor psikologis, dan struktur keputusan pembelian |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Surya Dannie |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:15 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:15 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2104 |
Actions (login required)
View Item |