Setiadi, Anrico Jusuf (2019) Kajian kekuatan market maven dalam mempersuasi konsumen untuk membeli produk smartphone. Jurnal Manajemen: Untuk Ilmu Ekonomi dan Perpustakaan, 5 (1).
Preview |
Text
Anrico Jusuf Setiadi - Analisa Market Maven.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Market maven merupakan konsumen yang memiliki pengetahuan yang lebih dari konsumen lain sehingga dapat memberikan informasi kepada konsumen lain dan memiliki kekuatan memengaruhi konsumen karena dipercaya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Penelitian ini mengkaji bagaimana kekuatan market maven dapat mempersuasi konsumen dalam pembelian smartphone. Kini, hampir semua konsumen dapat mencari berbagai macam informasi dari produk yang ingin dibeli, terlebih untuk produk teknologi seperti smartphone di mana konsumen menginginkan spesifikasi dan fitur yang terbaik. Peran market maven dapat mempersuasi konsumen lain dengan opininya dalam merekomendasikan produk tertentu, terlebih pada media seperti Youtube di mana market maven dapat memberikan opininya lewat review sebuah produk. Namun tidak semua tipe konsumen terpengaruh oleh kekuatan opini market maven, seperti konsumen yang loyal terhadap satu merek, konsumen yang memiliki self-esteem tinggi, dan deal chaser customer. Selain itu pada penelitian ini juga menemukan bahwa market maven memiliki kekuatan untuk membentuk attitudinal loyalty namun kurang kuat dalam mambentuk behavioural loyalty.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Market maven, pengaruh pemilihan smartphone, word of mouth, influencer |
Divisions: | Perpustakaan |
Depositing User: | Surya Dannie |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 10:10 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 10:10 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/1847 |
Actions (login required)
View Item |