Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Analisis pengaruh variabel marketing mix terhadap keputusan anggota memanfaatkan unit usaha koperasi (studi kasus pada Koperasi Mahasiswa Universitas Merdeka Malang)

Yarnest, Yarnest (2003) Analisis pengaruh variabel marketing mix terhadap keputusan anggota memanfaatkan unit usaha koperasi (studi kasus pada Koperasi Mahasiswa Universitas Merdeka Malang). Jurnal Penelitian: Edisi Ilmu-Ilmu Sosial, 14 (1). pp. 524-542. ISSN 1410-7295

Full text not available from this repository.

Abstract

Koperasi sebagai wadah ekonomi rakyat belum mampu memberikan manfaat secara maksimal. Karena perkanbangan koperasi itu sendiri, sehingga sebagai kekuatan ekonomi masyarakat, koperasi bolum mendapatkan dukungan dari masyarakat itu sendiri. Hal ini juga dirasakan oleh koperasi mahasiswa (Kopma), masih banyak koperasi Mahasiswa yang belum memainkan fungsinya secara optimal. Kopma belum bisa menarik simpati mahasiswa untuk berpartisipasi dan menggunakan semua fasilitas yang ada. Seringkali mahasiswa kurang sadar bahwa dengan kehadiran koperasi mahasisa akan dapat mensejahterakan dirinya. Sejalan dengan itu pula bahwa partisipasi anggota merupakan syarat mutlak bagi kemajuan koperasi mahasiswa. Mahasiswa adalah anggota yang produktif dalam interaksi antara anggota dengan usaha koperasi. Dengan perkataan lain bahwa mereka adalah anggota partisipatif baik bersifat financial maupun nonfinansial. Aktif dalam
memanfaatkan produk koperasi atau usaha yang dilakukan oleh kopma dan juga aktif dalam memanfaatkan produk koperasi atau usaha yang dilakukan oleh kopma dan juga aktif dalam sumbangan-sumbangan pikiran dan tenaganya demi kemajuan koperasi (Gandasasmita, 1990:99). Di sisi lain kita menyadari, bahwa anggota koperasi akan tertarik untuk berpartisipasi akfif di dalam koperasi mahasiswa. Bila kopma dapat memberikan pelayanan yang lebih beik kepada anggotanya. Bila keberadaan kopma dapat menumbuhkan dalam kesadaran dan kepentingan ekonominya. Untuk memberikan arah dalam penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai jawaban yang sifatnya sementara dari suatu permasalahan, yang sebenarnya harus dibuktikan melalui penelitian yang akan dilakukan ini. Diduga variabel marketing mix (harga, produk, tempat dan promosi) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan anggota dalam memanfaatkan unit usaha kopma. Variabel tempat diduga mempunyai pengaruh yang berarti bagi anggota dalam memanfaatkan unit usaha kopma.

Item Type: Article
Additional Information: Nama : Yarnest; NIDN : 0025125604
Uncontrolled Keywords: Variabel marketing mix, usaha koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:43
Last Modified: 08 Feb 2022 02:40
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item