Juliani, Rita (2017) Pendidikan pemustaka sebagai sarana perpustakaan dalam membina literasi informasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen: Untuk Ilmu Ekonomi dan Perpustakaan, 2 (2).
Preview |
Text
PENDIDIKAN PEMUSTAKA SEBAGAI SARANA PERPUSTAKAAN.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan terjadinya ledakan informasi dan keberlimpahan informasi. Sehingga memunculkan konsep masyarakat informasi yang ditandai dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi, informasi sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Dengan berlimpahnya informasi masyarakat dituntut untuk memiliki ketrampilan untuk mengenali informasi, kapan informasi dibutuhkan, mencari dan mengevaluasi informasi serta menggunakan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien, yang dikenal dengan literasi informasi. Tingkat literasi informasi masyarakat Indonesia masih rendah, tak terkecuali masyarakat akademis yaitu perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi sebagai sumber belajar memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Sebagai jantungnya perguruan tinggi perpustakaan berdayaupaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi dengan memberikan layanan pendidikan pemakai dalam upaya membina dan mewujudkan mahasiswa yang literat informasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Pemustaka, Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi, Literasi Informasi |
Divisions: | Perpustakaan |
Depositing User: | Surya Dannie |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 01:58 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 01:58 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/1745 |
Actions (login required)
View Item |