Susilaningsih, Tri (2011) Persepsi remaja sebagai manifestasi hak kesehatan terhadap reproduksi wanita. Jurnal Cakrawala Hukum, 16 (2). ISSN ISSN P: 2356-4962 ; ISSN E: 2598-6538
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian (YLKI) yang bekerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta pada Maret-Mei 2002, bahwa remaja sebanyak 37% responden wanita tidak mengetahui fungsi organ reproduksi pria 36% responden pria tidak mengetahui organ reproduksi wanita. Juga dari hasil penelitian yang dilakukan BKKBN Kabupaten Sidoarjo pada Mei-Juli 2002 terhadap remaja yang melibatkan 253 orang, usia 10-19 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 51% tidak mengetahui kesehatan reproduksi dan 49% tidak mengetahui permasalahan seputar kesehatan reproduksinya. Pada hasil penelitian yang dilakukan pada remaja/mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Merdeka Malang menunjukkan bahwa sebagian remaja (88 orang) dari 100 responden belum mengetahui dan lebih memahami kesehatan reproduksi dan hak-hak kesehatan reproduksi wanita, karena dianggap sangat penting bagi kesehatan. Untuk dapat memahami hal tersebut, remaja menentukan sendiri cara atau model yang cocok bagi mereka, yaitu dengan seminar, penyuluhan dan pendidikan seks. Sebenarnya remaja juga menginginkan tempat konseling masalah masalah kesehatan reproduksi wanita, pelayanan kesehatan reproduksi wanita dan pendidikan seksual yang semuanya ini diharapkan dapat dicantumkan dalam kurikulum fakultas yang nantinya dapat dilaksanakan sebagai materi perkuliahan atau dibuatkan semacam tempat BK (Bimbingan dan Konseling).
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Nama : Tri Susilaningsih NIDN : |
Uncontrolled Keywords: | Remaja, kesehatan reproduksi, hak kesehatan reproduksi wanita |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Surya Dannie |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 10:40 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 10:40 |
URI: | https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/1513 |
Actions (login required)
View Item |