Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Pengaruh promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan Perusahaan “Bihun” Sumberejo Kediri

Wahyudi, Fajar (2006) Pengaruh promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan Perusahaan “Bihun” Sumberejo Kediri. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri dalam melaksanakan aktivitasnya yang berhubungan dengan pelaksanaan promosi dan saluran distribusi dirasakan masih kurang efektif, dimana hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh besar terhadap pencapaian tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Melihat kondisi yang terjadi di Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri maka penulis mengambil judul: “Pengaruh Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri. Setelah tahu masalah yang dihadapi oleh Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri, maka dapat dirumuskan permasalahannya adalah: apakah promosi dan saluran distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan pada Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri dan diantara promosi dan saluran distribusi manakah yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan pada Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan. pada Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri dan untuk menganalisis variabel diantara promosi dan saluran distribusi yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan. pada Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri, sehingga hipotesis yang diajukan adalah : diduga promosi dan saluran distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan pada Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri dan diduga saluran distribusi merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan pada Perusahaan “Bihun Sumber Rejo” Kediri.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa promosi telah teruji yaitu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan pada Perusahaan Bihun “Sumber Rejo” Kediri. Hal tersebut di atas ternyata
mengindikasikan bahwa promosi adalah salah satu kegiatan yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau mengkonsumsikan suatu produk kepada pasar sasaran, untuk memberi informasi tentang keistimewaan, kegunaan, dan yang paling penting adalah tentang keberadaannya untuk mengubah sikap ataupun untuk mendorong seseorang untuk bertindak (dalam hal ini membeli). Dimana dengan adanya promosi penjualan ini dapat
menarik pelanggan baru, mendorong pelanggan membeli lebih banyak, menyerang aktivitas promosi pesaing, meningkatkan pembelian tanpa rencana sebelumnya (impulse buying). Langkah yang dilakukan agar kegiatan promosi dapat meningkatkan penjualan yaitu: mampu memilih strategi promosi yang efektif dan efisien dengan memberikan alokasi dana yang memadai, sehingga kegiatan promosi dan berjalan dengan lancer sesuai dengan tujuan yang diharapkan perusahaan.
Selanjutnya berdasarkan hasil analisis data juga diketahui bahwa saluran distribusi telah teruji yaitu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. Langkah yang dilakukan agar kegiatan saluran distribusi ini adalah dapat mengefektifkan agen-agen penjualan serta jika
13 memungkinkan mengadakan ekspansi pasar dengan menambah agen di daerah-daerah potensial yang dibidik oleh perusahaan. Selain itu arti penting dari kegiatan saluran distribusi agar konsumen yang telah menjadi pelanggan tetap setia, maka dengan itu stok atau penyediaan barang tidak boleh kehabisan sehingga memungkinkan konsumen berpindah pada merek lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Fajar Wahyudi NIM : 00220194
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:46
Last Modified: 21 Feb 2022 04:46
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item