Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Pengaruh faktor-faktor marketing mix terhadap volume penjualan pada Bandung Sport Distro Malang

Hasanuddin, Nurul (2006) Pengaruh faktor-faktor marketing mix terhadap volume penjualan pada Bandung Sport Distro Malang. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (916kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Faktor-faktor Marketing Mix
Terhadap Volume Penjualan Pada Bandung Sport Distro Malang” Merupakan hasil penelitian pada Bandung Sport Distro. Pentingnya arti Marketing Mix terhadap Volume penjualan adalah terdiri dari beberapa variabel yang merupakan kegiatan pemasaran yaitu produk, harga, saluran distribusi dan promosi, dimana masing-masing variabel saling berhubungan dan saling mempengaruhi serta tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya walaupun masing-masing variabel mempunyai strategi sendiri.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh faktor Marketing Mix (Product, Price, Place dan Promotion) terhadap volume penjualan dan untuk menganalisis variabel manakah yang sangat berpengaruh atau dominan diantara faktor-faktor Marketing Mix (Product, Price, Place dan Promotion) terhadap volume penjualan. Sedangkan hipotesisnya yaitu diduga bahwa Marketing Mix (Product, Price, Place dan Promotion) mempunyai pengaruh yang positif (signifikan) terhadap volume penjualan pada Bandung Sport Distro dan diduga bahwa produk yang sangat berpengaruh atau dominan diantara faktor-faktor Marketing Mix (Product, Price, Place dan Promotion) terhadap volume penjualan pada Bandung Sport Distro Malang.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah regresi linear berganda, uji t, dan uji F, serta uji bobot untuk mengetahui variabel yang sangat berpengaruh atau dominan terhadap volume penjualan.
Persamaan regresinya adalah Y = 0,935 + 0,305 X1 + 0,302 X2 + 0,201 X3 + 0,212 X4, dari nilai koefisien regresi tersebut dapat diartikan bahwa Marketing Mix (Product, Price, Place dan Promotion) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan pada Bandung Sport Distro. Koefisien korelasi berganda sebesar (R) sebesar 0,9069 (mendekati 1) menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara produk, harga, saluran distribusi dan promosi, hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,939 menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel produk, harga, saluran distribusi dan promosi memberikan kontribusi 93,9% terhadap volume penjualan. Sedangkan sisanya sebesar 6,1% disebabkan oleh variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini seperti budaya, kelas sosial dan lain-lain.
Selanjutnya uji hipotesis dengan menggunakan uji F, probabilitas sebesar 0.000 < = 5% berarti Ho ditolak dan Ha diterima, serta uji t dengan probalitas sebesar 0,011 dan 0,012 dan 0,042 dan 0,040 < = 5% berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya produk, harga , saluran diistribusi
dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan tehadap volume penjualan.
Nilai koefisien regresi produk = 0,305 > harga = 0,302 saluran distribusi = 0,201 promosi = 0,212 artinya produk mempunyai pengaruh yang dominan dari pada harga, saluran distribusi dan promosi terhadap volume penjualan pada Bandung Sport Distro Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nurul Hasanuddin NIM : 01221006
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Gendhis Dwi Aprilia
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:31
Last Modified: 21 Feb 2022 04:31
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item View Item