Evaluasi sistem informasi akuntansi sebagai salah satu Alat pengendalian pendapatan penjualan kamar bagi manajemaen Hotel Kartika Wijaya Batu

Wijianto, Hendik (2006) Evaluasi sistem informasi akuntansi sebagai salah satu Alat pengendalian pendapatan penjualan kamar bagi manajemaen Hotel Kartika Wijaya Batu. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Dalam pembangunan bangsa dan Negara Indonesia terutama pada pembangunan ekonomi banyak sekali kegiatan usaha yang dijalankan oleh sektor swasta maupun sektor pemerintah sebagai salah satu sarana dalam mengisi pembangunan ekonomi tersebut. Mengingat salah satu sumber peneriman negara adalah dari sektor pariwisata, maka dapat dirasakan semakin pentingnya jasa perhotelan dalam usaha menunjang pariwisata tersebut. Persaingan yang ketat dalam bidang jasa perhotelan, memaksa masing-masing pihak untuk terus meningkatkan mutu perusahaan agar tidak kalah dalam persaingan tersebut. Perusahaan perhotelan dalam penggolongannya tersebut di atas termasuk sebagai perusahaan jasa yang memberikan jasanya berupa penyediaan ruangan dan service kepada para tamu sehingga merasa senang tinggal di hotel tersebut. Penyediaan ruangan dan service yang dijual tersebut diatas meliputi: Hotel Kartika Wijaya terletak di Kota Batu tepatnya di Jalan Panglima Sudirman 127 Batu - Jawa Timur, merupakan hotel berbintang bernuansa klasik peninggalan zaman Belanda dengan mempertahankan unsur bangunan aslinya. Dalam kegiatan sehari-harinya hotel Kartika Wijaya Batu sangat bergantung pada penjualan kamar dan ruangan (resort and convention) yang mana dalam kegiatan tersebut harus didukung oleh struktur organisasi dan system informasi yang baik. Dalam hal ini system informasi akntansi sangatlah berperan penting di dalam kehiatan hotel. Besar kecilnya organisasi perhotelan jelas tidak sama. Hal ini dipengaruhi oleh besar kecinya operasional hotel tersebut, terutama dengan jumlah kamar yang ada. Peranan struktur organisasi dalam perusahaan perhotelan sangatlah penting. Dengan adanya struktur organisasi maka dapat diketahui dengan jelas tugas dan tanggung jawab serta wewenang yang dimiliki oleh para karyawannya, sehingga setiap fungsi dan kesatuan tanggung jawab dapat diarahkan demi tercapainya tujuan perusahaan. Informasi akuntansi merupakan salah satu bagian yang penting dari seluruh informasi yang dibutuhkan oleh manajemen. Informasi akuntansi berhubungan dengan data keuangan yang dihasilkan melalui kegiatan-kegiatan rutin perusahaan. Sistem Informasi Akuntansi merupakan gabungan antara sekumpulan manusia dan sumber modal dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab atas tersedianya informasi keuangan. Informasi tersebut berasal dari pengumpulan dan pengolahan data-data transaksi yang terjadi sehingga berguna bagi pihak intern maupun ekstern perusahaan. Hotel merupakan perusahaan jasa yang proses produksinya terdiri dari proses check in dan check out. Oleh karena itu Sistem Informasi Akuntansi penjualan kamar pada perusahaan perhotalan tidak lepas dari proses di atas yang melibatkan masing-masing departemen yang bertugas mengatur dan menjalankan sistem penjualan kamar tersebut. Dengan demikian apabila Sistem Informasi Akuntansi yang diterapkan pada penjualan kamar tersebut baik, maka aktifitas penjualan kamar juga akan berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Hendik Wijianto NIM : 01230296
Uncontrolled Keywords: Evaluasi sistem informasi akuntansi, hotel kartika wijaya Batu
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:04
Last Modified: 04 Mar 2021 02:08
URI: http://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item