Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Membangun loyalitas pelanggan & business sustainability: sebuah pendekatan baru melalui hubungan pelanggan produktif, akuntabilitas produk dan tata layanan berbasis six sigma

Isnuwardiati, Kurnia and Sugito, Pudjo (2016) Membangun loyalitas pelanggan & business sustainability: sebuah pendekatan baru melalui hubungan pelanggan produktif, akuntabilitas produk dan tata layanan berbasis six sigma. In: Prosiding Seminar Nasional: Membangun karakter dosen sebagai peneliti dan pengabdi dalam memasuki persaingan global, 6 Agustus 2016, Universitas Kanjuruhan Malang.

[thumbnail of 5.5. ISI TEMA EKONOMI DAN BISNIS-92-97.pdf]
Preview
Text
5.5. ISI TEMA EKONOMI DAN BISNIS-92-97.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi pada UKM (Usaha Kecil Menengah) kuliner di wilayah lingkar luar Kota Malang agar dapat sustainable. Hal itu karena
entitas ekonomi ini terus dihadapkan pada berbagai persoalan klasik seperti sengitnya kompetisi karena tekanan kuliner besar sehingga sulit berkembang. Memang realitas tersebut sulit dibendung, tetapi harus disikapi secara riil, apalagi menyangkut persoalan ekonomi kerakyatan.
Sehingga diperlukan sebuah solusi dengan cara menjaga loyalitas pelanggannya. Tentunya, perlu dicarikan solusinya melalui penelitian empiris. Sedangkan tujuan khususnya, penelitian ini ingin mengembangkan sebuah model baru membangun loyalitas pelanggan dan business sustainability
melalui pendekatan hubungan pelanggan produktif, akuntabilitas produk dan tata layanan berbasis six sigma (studi pengembangan UKM kuliner di wilayah lingkar luar Kota Malang). Pada penelitian ini, hubungan pelanggan produktif, akuntabilitas produk dan tata layanan
berbasis six sigma sebagai variabel eksogen, variabel loyalitas pelanggan dan business sustainability sebagai variabel endogen. Teknik analisis structural equation modelling dipakai dalam pengembangan dan sekaligus uji model teoritik. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan
terungkap bahwa hubungan pelanggan produktif, akuntabilitas produk dan tata layanan berbasis six sigma berpengaruh nyata terhadap loyalitas pelanggan dan business sustainability. Hasil uji cobapun memperkuat temuan tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Nama : Kurnia Isniwardiati NIDN : Nama : Pudjo Sugito NIDN :
Uncontrolled Keywords: Loyalitas pelanggan, akuntabilitas produk, six sigma
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:04
Last Modified: 21 Jul 2023 04:04
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item View Item