Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Pengembangan aplikasi pemilihan media promosi UMKM berbasis desktop

Subiyantoro, Edi, Muslikh, Ahmad Rofiqul ORCID: https://orcid.org/0009-0000-2457-6803, Andarwati, Mardiana, Swalaganata, Galandaru and Pamuji, Fandi Yulian (2021) Pengembangan aplikasi pemilihan media promosi UMKM berbasis desktop. In: SENASIF 5, 21 Oktober 2021, Fakultas Teknologi Informasi.

[thumbnail of Pengembangan aplikasi pemilihan media promosi UMKM.pdf]
Preview
Text
Pengembangan aplikasi pemilihan media promosi UMKM.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HASIL CEK PLAGIASI.pdf]
Preview
Text
HASIL CEK PLAGIASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dengan kecanggihan teknologi dan informasi di era digital saat ini, terdapat begitu luas ruang bagi pelaku usaha untuk berkembang menuju pasar global. Namun disisi lain, kondisi pelaku usaha ada yang belum sepenuhnya mengerti tentang teknologi. Terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk tujuan promosi dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model pendukung keputusan yang dapat
memudahkan pelaku UMKM dalam menentukan jenis media promosi produk UMKM yang efektif dan efisien agar dapat semakin meningkatkan volume penjualan kemudian membangun program aplikasi pendukung keputusan yang dapat membantu menentukan jenis media promosi yang efektif dan efisien yang dapatmeningkatkan volume penjualan produk UMKM. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alternatif media sosial menjadi kriteria prioritas dalam meningkatkan volume penjualan produk pelaku
UMKM dengan mendapatkan nilai bobot rata-rata 0,309397, alternatif kolaborasi produk dengan nilai bobot rata-rata 0,282472 , alternatif mesin pencarian dengan nilai bobot rata-rata 0,208130, alternatif televisi dengan nilai bobot rata-rata 0,124094, dan prioritas terakhir adalah alternatif media cetak dengan nilai bobot rata-rata 0,075905. Berdasarkan nilai bobot rata-rata keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa alternatif media sosial adalah memperluas pasar dengan meningkatkan intensitas promosi dengan berbagai media sosial seperti WhatsApp Bussiness, Instagram, Facebook, Youtube dan lain-lain untuk meningkatkan volume penjualan produk UMKM.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Mardiana Andarwati NIDN : 716037601 ; Ahmad Rofikul Muslikh NIDN: 0724038903
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, media promosi, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:25
Last Modified: 06 Mar 2024 05:00
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item