Penerapan Metode Kansei Engineering Dalam Workshop Pembuatan Alternatif Produk Souvenir Khas Malang

[error in script] (2015) Penerapan Metode Kansei Engineering Dalam Workshop Pembuatan Alternatif Produk Souvenir Khas Malang. In: Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIII, 1 Agustus 2015 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya., 1 Agustus 2015, Institut Teknology Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3 Prosiding ITS 2015.pdf]
Preview
Text
3 Prosiding ITS 2015.pdf

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of HASIL CEK PLAGIASI.pdf]
Preview
Text
HASIL CEK PLAGIASI.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://mmt.its.ac.id/download/SEMNAS/SEMNAS%20XXII...

Abstract

Peluang industri bidang pariwisata di wilayah Malang Raya sangat besar. Kebijakan Pemerintah
Daerah di sektor industri ini dan potensi kunjungan wisatawan yang diharapkan terus meningkat
sangat mendukung terwujudnya perputaran roda industri masyarakat yang terkait dengan aktivitas di
bidang pariwisata, seperti cinderamata atau oleh-oleh (souvenir) yang khas Malang. Sepulang dari
kunjungan wisata di wilayah Malang Raya, tidak lengkap rasanya jika wisatawan tidak membawa
souvenir. Dari hasil wawancara dengan Ketua Asosiasi Perajin Kota Malang, diketahui bahwa potensi
home industry souvenir yang berbahan dasar kayu sangat besar, bahkan sampai saat ini belum ada
spesifikasi ‘Khas Malang’ yang disepakati oleh para perajin souvenir dan masyarakat pada umumnya.
Tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif
rancangan souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang dengan cara mengidentifikasi
voice of customer dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui penerapan Metode Kansei
Engineering. Target yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah dihasilkan inovasi baru yang
berupa desain souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang, publikasi ilmiah dan
bahan ajar. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi atribut desain dalam perancangan souvenir
khas Malang adalah metode Kansei Engineering. Pengumpulan data dilakukan di lokasi wisata Kota
Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputasi
Industri Jurusan Teknik Industri Universitas Merdeka Malang. Sedangkan workshop pembuatan
desain dan pembuatan produk souvenir dikerjakan di Home Industry GS4 Woodcraft Malang.
Hipotesis yang hendak diteliti adalah bahwa sampai dengan saat ini masih belum ada souvenir
berbahan dasar kayu yang benar-benar ‘Khas Malang’ yang disepakati oleh para perajin souvenir dan
masyarakat pada umumnya. Ada empat variabel utama yang diukur dalam penelitian ini, yaitu : Khas
Malang, Ukuran, Effectiveness dan Simplicity. Dengan teknik analisis multivariate statistics, keempat
variabel tersebut sebagai faktor-faktor dominan yang diperoleh dari kata-kata Kansei yang sudah
dikelompokkan (model, bentuk, simbol, indah, colourful, keinginan untuk membeli, unik, kesan
elegan, panjang, lebar, ketebalan, berat, clear design, sederhana, mudah dibawa dan lain-lain). Katakata
Kansei yang terkumpul dikelompokkan ke dalam tiga variabel pendukung, yaitu : perasaan pada
saat melihat desain produk sampel, perasaan setelah memegang produk sampel dan perasaan setelah
mengamati kekurangan yang belum dimiliki produk sampel. Temuan yang dihasilkan dari penelitian
ini adalah dengan penerapan metode Kansei Engineering dalam workshop pembuatan produk
souvenir, diperoleh alternatif produk souvenir khas Malang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Mochammad Rofieq NIDN: 0715096901
Uncontrolled Keywords: Desain Produk, Kansei Engineering, Khas Malang, Souvenir.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 24 Oct 2021 10:57
Last Modified: 24 Oct 2021 10:57
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item