Penerapan Metode Kansei Engineering Guna Mengidentifikasi Atribut Desain Dalam Perancangan Souvenir Khas Malang

[error in script] (2014) Penerapan Metode Kansei Engineering Guna Mengidentifikasi Atribut Desain Dalam Perancangan Souvenir Khas Malang. In: Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan Dan Industri (RAPI) Ke-13 2014, 4 Desember 2014, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

[thumbnail of 2 Prosiding UMS 2014.pdf]
Preview
Text
2 Prosiding UMS 2014.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of HASIL CEK PLAGIASI.pdf]
Preview
Text
HASIL CEK PLAGIASI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/549...

Abstract

Peluang industri bidang pariwisata di wilayah Malang Raya sangat besar. Kebijakan Pemerintah
Daerah di sektor industri ini dan potensi kunjungan wisatawan yang diharapkan terus meningkat
sangat mendukung terwujudnya perputaran roda industri masyarakat yang terkait dengan aktivitas di
bidang pariwisata, seperti cinderamata atau oleh-oleh (souvenir) yang khas Malang. Sepulang dari
kunjungan wisata di wilayah Malang Raya, tidak lengkap rasanya jika wisatawan tidak membawa
souvenir. Dari hasil wawancara dengan Ketua Asosiasi Perajin Kota Malang, diketahui bahwa
potensi home industry souvenir yang berbahan dasar kayu sangat besar, bahkan sampai saat ini
belum ada spesifikasi ‘Khas Malang’ yang disepakati oleh para perajin souvenir dan masyarakat
pada umumnya. Tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan
alternatif rancangan souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang dengan cara
mengidentifikasi voice of customer dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui
penerapan Metode Kansei Engineering. Target yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah
dihasilkan inovasi baru yang berupa desain souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas
Malang, publikasi ilmiah dan bahan ajar. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi atribut
desain dalam perancangan souvenir khas Malang adalah metode Kansei Engineering. Pengumpulan
data dilakukan di lokasi wisata Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Pengolahan data
dilakukan di Laboratorium Komputasi Industri Jurusan Teknik Industri Universitas Merdeka Malang.
Sedangkan workshop pembuatan desain dan pembuatan produk souvenir dikerjakan di Home Industry
GS4 Woodcraft Malang. Hipotesis yang hendak diteliti adalah bahwa sampai dengan saat ini masih
belum ada souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang yang disepakati oleh para
perajin souvenir dan masyarakat pada umumnya. Ada empat variabel utama yang akan diukur dalam
penelitian ini, yaitu : Khas Malang, Ukuran, Effectiveness dan Simplicity. Dengan teknik analisis
multivariate statistics, keempat variabel tersebut sebagai faktor-faktor dominan yang diperoleh dari
kata-kata Kansei yang sudah dikelompokkan (model, bentuk, simbol, indah, colourful, keinginan
untuk membeli, unik, kesan elegan, panjang, lebar, ketebalan, berat, clear design, sederhana, mudah
dibawa dan lain-lain). Kata-kata Kansei yang terkumpul dikelompokkan ke dalam tiga variabel
pendukung, yaitu : perasaan pada saat melihat desain produk sampel, perasaan setelah memegang
produk sampel dan perasaan setelah mengamati kekurangan yang belum dimiliki produk sampel.
Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode Kansei Engineering
diperoleh identifikasi atribut desain dalam perancangan souvenir khas Malang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Mochammad Rofieq NIDN: 0715096901
Uncontrolled Keywords: Desain Produk; Industri Pariwisata; Kansei Engineering; Souvenir
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 24 Oct 2021 10:29
Last Modified: 24 Oct 2021 10:31
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item