Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Budaya Digital dan Literasi New Media Generasi Milenial

Setiyaningsih, Lian Agustina ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0919-9795, Fahmi, Muhammad Hanif and Jatmikowati, Sri Hartini (2019) Budaya Digital dan Literasi New Media Generasi Milenial. In: Seminar Nasional Pendidikan IPS dan Call For Paper 2019 " Generasi Digital dan Kebudayaan: Inovasi Budaya Berbasis Nilai-nilai Luhur Nusantara", 5 Oktober 2019, FIS Universitas Negeri Malang.

[thumbnail of BudayaDigitaldanNewMediaGenerasiMilenial.pdf]
Preview
Text
BudayaDigitaldanNewMediaGenerasiMilenial.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi komunikasi membawa perubahannya sendiri dalam membentuk budaya baru. Sehingga
terbentuklah konsep teknologi dan informasi masyarakat. Dalam konsep baudrilard, suatu budaya
baru terbentuk karena aspek bahasa. Namun, saat ini budaya baru muncul karena arus besar dalam
penggunaan media digital baru. Orangorang muda yang sering disebut generasi milenial adalah
pengguna aktif dan masif dari media sosial yang merupakan produk media baru. Transformasi kognitif,
afektif dan psikomotor telah terkandung melalui penggunaan media baru secara masif. Termasuk
pergeseran literasi media oleh generasi milenial. Dari fenomena ini, budaya baru secara otomatis
terbentuk yaitu budaya digital. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
studi literatur. Dari hasil studi literatur yang ada bahwa penciptaan budaya digital tidak harus diikuti
oleh pengungkapan informasi dan literasi media di milenium. Budaya digital bawaan berasal dari
intensitas tinggi penggunaan media baru baik media sosial maupun media digital lainnya. Tantangan
yang dihadapi oleh generasi milenial dalam menerapkan literasi media adalah memahami konten
secara kritis, terutama dalam memahami konten. Dalam budaya literasi ada praktik memusatkan
kegiatan yang berbasis internet dan menggunakan media digital. Budaya konvensional kaum muda
secara bertahap bergeser ke arah budaya yang lebih praktis dan modern. Budaya digital adalah budaya
teks berkelanjutan, seperti: komodifikasi, konsumerisme, gaya hidup, keberadaan di media sosial,
tindakan instan. Sub-budaya budaya digital: teknokratis (tekno-meritokratis), peretas, komunitas
virtual dan wirausaha. Keempat sub-budaya memiliki korelasi dengan literasi media. Kegagalan melek
huruf oleh generasi milenium membawa kejutan budaya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Lian Agustina Setiyaningsih NIDN: 0710088505
Uncontrolled Keywords: budaya digital, literasi media baru, generasi milenial
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 12 Jul 2021 12:58
Last Modified: 12 Jul 2021 13:06
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item