Pesohor Sebagai Komoditas Media (Analisis Ekonomi-Politik Terhadap Tabloid dan Infotainment di Televisi)

[error in script] (2003) Pesohor Sebagai Komoditas Media (Analisis Ekonomi-Politik Terhadap Tabloid dan Infotainment di Televisi). Jurnal Penelitian Edisi Ilmu-ilmu Sosial, 15 (2). pp. 566-575. ISSN 1410-7295

[thumbnail of Ana Mariani PEsohor komoditas.pdf]
Preview
Text
Ana Mariani PEsohor komoditas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Faktor liberalisasi media massa tidak saja membawa dampak pada kebebasan kepemilikam media namun juga kebebasan dalam menginformasikan peristiwa apa saja pada khalayak. Namun yang menjadi persoalan, kebebasan media terutama dalam format tabloid seringkali mengabaikan prinsip-prinsip pers yang obyektif. Hal ini menjadi persoalan ketika tabloid ataupun infotainment di televisi mengusung privasi pesohor ke dalam perbincangan publik dimana seringkali mereka tidak mengindahkan akurasi pemberitaan. Yang menjadi energi pemberitaan tabloid bukan saja peristiwa faktual namun juga gosip dan rumors tentang pesohor. Yang terjadi kemudian, pesohor sebagai obyek berita ‘merasa’ dirugikan atas pemberitaan tabloid ataupun infotainment. Meskipun ada yang tetap menarik dalam jurnalistik tabloid yakni hukum publikasi yang unik dimana baik berita baik ataupun buruk sekalipun justru dapat meningkatkan pamor sang pesohor.

Item Type: Article
Additional Information: Ana Mariani NIDN: 0728037501
Uncontrolled Keywords: Pesohor, Komoditas, Media
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:11
Last Modified: 09 Jul 2021 03:11
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item