Efektivitas sistem pengendalian manajemen atas penjualan guna menunjang pencapaian target penjualan pada Perusahaan Sanitair dan Pot Bunga “Pendowo”

[error in script] (2006) Efektivitas sistem pengendalian manajemen atas penjualan guna menunjang pencapaian target penjualan pada Perusahaan Sanitair dan Pot Bunga “Pendowo”. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Efektivitas Sistem Pengendalian Manajemen Atas Penjualan Guna Menunjang Pencapaian Target Penjualan Pada Perusahaan Sanitair Dan Pot Bunga “Pendowo”. Adapun permasalahan mendasar penelitian ini adalah bagaimanakah sistem pengendalian manajemen yang efektif atas penjualan guna menunjang pencapaian target penjualan pada perusahaan sanitair dan pot bunga “Pendowo”. Dalam memaparkan hasil temuan tersebut, dasar teori yang digunakan adalah teori pengendalian manajemen dan teori tentang biaya operasional.
Dalam metode penelitian, defenisi operasional variabelnya adalah pertama pengertian pengendalian manajemen adalah suatu gagasan untuk mengarahkan seperangkat variabel seperti manusia, mesin, atau organisasi menuju kearah tercapainya sasaran organisasi, kedua sistem pengendalian manajemen atas penjualan, merupakan suatu penilaian terhadap kegiatan yang dilakukan manajemen yang mengusahakan agar pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam hal ini penjualan tersebut, serta ketiga adalah efektifitas penjualan perusahaan, merupakan selisih antara produksi dan penjualan yang menghasilkan laba bagi perusahaan. Ruang lingkup penelitian adalah pada masalah yang menyangkut sistem pengendalian manajemen, khususnya pada penjualan di dalam pengaruhnya untuk menunjang efisiensi perusahaan sehingga produktifitas dapat ditingkatkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama proses pengendalian manajemen yang seharusnya diperbaiki adalah mekanisme pembuatan anggaran produksi yang tidak hanya berdasarkan perkiraan pemilik perusahaan, tetapi lebih berdasarkan perhitungan yang lebih matang termasuk memperhatikan faktor lain seperti kemampuan produksi dari masing-masing karyawan, ketersediaan bahan baku, serta yang juga turut perlu diperhatikan adalah anggaran dan realisasi penjualan periode yang telah lalu. Kedua, kegiatan penjualan yang dilakukan oleh Perusahaan Pot Bunga dan Sanitair “Pendowo” belum efektif karena rencana penjualan yang ditargetkan untuk dicapai adalah sebesar 88.960 unit, sedangkan realisasinya hanyalah sebesar 80.169 unit. Ketiga, penyusunan anggaran dan realisasi anggaran di Perusahaan Pot Bunga dan Sanitair Pendowo belum efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya selisih sebesar Rp 7.906.549,00 antara anggaran biaya dan realisasi biaya bulan Januari sampai dengan Mei tahun 2006.
Adapun saran yang dikemukakan adalah pengendalian manajemen yang telah dilakukan harus lebih ditingkatkan lagi termasuk mengikutsertakan bagian produksi dalam proses penyusunan anggaran sehingga peran bagian produksi dapat lebih maksimal serta perlunya pengelompokkan secara lebih mendetail terhadap berbagai biaya terkendali dan tidak terkendali guna meminimalisir terjadinya pembengkakan biaya produksi maupuan biaya penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Anton Tri Danang Prayitno NIM : 99230293
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, sistem pengendalian manajemen, target penjualan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:44
Last Modified: 04 Mar 2021 02:11
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item