Faktor-faktor pada wajib pajak yang mempengaruhi penerimaan PBB (pajak bumi bangunan) di Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek

[error in script] (2006) Faktor-faktor pada wajib pajak yang mempengaruhi penerimaan PBB (pajak bumi bangunan) di Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan bagi pemerintah daerah. Pajak dijadikan sebagai alat pemerintah untuk menghimpun dana dari masyarakat untuk berbagai kepentingan pembiayaan negara, Selain itu pajak juga dijadikan sebagai alat pemerintah untuk mengatur tercapainya keseimbangan perekonomian dan politik suatu Negara. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian tentang masalah pajak bumi dan bangunan di kabupaten Trenggalek khususnya kecamatan Trenggalek. Perumusan masalah dalam penelitian ini meliputi pengaruh tingkat pemahaman wajib pajak atas PBB, beban pajak dibandingkan wajib pajak, dan sistem pemungutan terhadap keberhasilan penerimaan PBB baik secara simultan maupun parsial.
Dalam penelitian ini yang menjadi variabel adalah : peningkatan penerimaan PBB sebagai variabel tidak bebasnya ( Y ), sedangkan variable-variabel bebasnya adalah pemahaman WP atas PBB (X1), beban pajak dibanding pendapatan WP ( X2 ), dan sistem Pemungutan ( X3 ). Sampel yang dipergunakan adalah 200 responden WP dan PBB untuk perumahan kecamatan Trenggalek, jenis data yang digunakan meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode dokumentasi dan kuesioner.
Dari hasil perhitungan uji validitas data menunjukan bahwa semua indikator tersebut mempunyai korelasi yang lebih tinggi dari R tabel ( n=200, Sign 5%, R=0.138 ) sehingga dapat dikatakan bahwa semua indikator yang digunakan dalam penelitian memiliki validitas yang layak. Sedangkan berdasarkan uji reliabilitas dan uji normalitas bahwa semua data untuk variabel bebas dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah layak dipercaya atau reliabel dan distribusi datanya normal.
Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F 85,794 sehingga semua variabel bebas mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap keberhasilan penerimaan PBB dengan signifikansi sebesar 0,000 yang berada di bawah tingkat kesalahan sebesar 0,05 ( 5% ), sedangkan hasil uji t dapat diketahui semua variabel bebasnya secara parsial mempengaruhi keberhasilan penerimaan PBB di kecamatan Trenggalek.
Dari hasil perhitungan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman WP atas PBB, beban pajak dibanding pendapatan WP dan sistem pemungutan terhadap keberhasilan penerimaan PBB di kecamatan Trenggalek baik secara simultan maupun parsial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Devi Multyanto NIM : 00230454
Uncontrolled Keywords: Pajak bumi bangunan (PBB),Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:17
Last Modified: 04 Mar 2021 02:17
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item