Peranan pajak bumi dan bangunan dalam meningkatkan penerimaan daerah pada dinas pendapatan daerah Kabupaten Malang

[error in script] (2006) Peranan pajak bumi dan bangunan dalam meningkatkan penerimaan daerah pada dinas pendapatan daerah Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Negara Indonesia disaat ini sedang mengalami hambatan dan kemerosotan perekonomian sehinga mengakibatkan terganggunya proses pembangunan dan kegiatan perekonomian. Oleh sebab itu pemerintah dituntut untuk dapat membenahi sector perekonomian guna memulihkan perekonomian dan lancarnya pembangunan sesuai dengan yang telah direncanakan. Dengan adanya masalah tersebut pemerintah berusaha untuk meningkatkan pendapatan baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Salah satunya dengan cara meningkatkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ), dimana realisasi penerimaannya akan dibagi antara pemerintah pusat ( 10% ) dan pemerintah daerah / kota ( 90% ). Jika dilihat dari proporsi tersebut dapat dilihat adanya potensi Pajak Bumi dan Bangunan untuk meningkatkan peneriman daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap penerimaan daerah dan untuk menganalisis bagaimana cara meningkatkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dalam kaitannya meningkatkan penerimaan daerah.
Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian yaitu yang pertama dengan menggunakan teknik analisis data kuantitas untuk mengetahui seberapa besar peranan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap penerimaan daerah dengan rumus realisasi Pajak Bumi dan Bangunan dibagi APBD dikalikan 100%. Yang kedua dengan mengguakan teknik analisis kualitatif dengan analisis SWOT ( Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat ). Analisi ini digunakan untuk mengetahui upaya atau tindakan dalam pemungutan pajak untuk meningkatkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan.
Pajak Bumi dan Bangunan peranan atau kontribusinya sangat kecil terhadap penerimaan daerah karena nilai kontribusinya mulai dari tahun anggaran 2001/2002 sampai dengan tahun anggaran 2004/2005 selalu dibawah rata-rata jumlah kontribusi. Kecilnya kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan terhadap penerimaan daerah dan tidak tercapainya target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan menyebabkan Pajak Bumi dan Bangunan belum dapat diandalkan. Berdasarkan analisis SWOT, pemerintah kabupaten Malang khususnya Dispenda Kabupaten Malang perlu memeprhatikan berbagai kelemahan dan ancaman yang terdapat di kabupaten Malang sehingga dapat dilakukan upaya-upaya yang diperlukan dalam meningkatkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dan menanggulangi factor-faktor yang menyebabkan penurunan penerimaan Pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : ALBERTINA NIM : 02230084
Uncontrolled Keywords: Pajak bumi dan bangunan , penerimaan daerah , dinas pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:43
Last Modified: 04 Mar 2021 02:43
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item