Evaluasi penerapan pelaporan dan pertanggungjawaban dalam sistem pengendalian manajemen terhadap Biaya operasional oleh direktorat keuangan PT(PERSERO) pelabuhan Indonesia III Surabaya

[error in script] (2006) Evaluasi penerapan pelaporan dan pertanggungjawaban dalam sistem pengendalian manajemen terhadap Biaya operasional oleh direktorat keuangan PT(PERSERO) pelabuhan Indonesia III Surabaya. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (586kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III Surabaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa yang profit oriented. Pada prinsipnya, setiap perusahaan bertujuan untuk dapat mengoptimalkan laba di samping berusaha untuk tetap hidup dan berkembang pesat. Untuk mencapai hal tersebut, banyak cara yang digunakan. Salah satunya adalah mengendalikan berbagai aktivitas manajemen di dalamnya agar biaya yang dikeluarkan dapat seefesien mungkin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sistem pengendalian manajemen terhadap biaya operasional perusahaan sehingga dapat meningkatkan keefisienan keuangan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah : 1) teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu teknik analisis data dengan cara memasukkan data kuantitatif berupa analisis selisih yang terjadi antara anggaran dengan realisasinya. Dari sini dapat dinilai efisiensi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dan sejauh mana pengendalian yang dapat dilakukan. Secara singkat dapat dirumuskan sebagai berikut : selisih (varians) biaya = anggaran – realisasi dan 2) teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu untuk memberikan kejelasan secara naratif terhadap analisis deskriptif kuantitatif sehingga diperoleh hasil mengenai kejelasan mengenai hasil analisis terhadap selisih anggaran dan realisasinya, mencari sebab serta alternatif penyelesaian masalah yang terjadi akibat selisih biaya yang terjadi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengevaluasi penyusunan program pada perusahaan dan pengaruhnya terhadap biaya operasional serta menganalisis anggaran biaya operasional pada perusahaan.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka mencapai efisiensi biaya maka pimpinan PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III Surabaya menetapkan anggaran sebagai alat pengendalian biaya operasional. Akan tetapi, anggaran yang ditetapkan tersebut ternyata tidak melibatkan semua bagian dalam organisasi di dalamnya. Anggaran dibuat secara langsung oleh Asisten Senior Manajer Anggaran di bawah wewenang Direktorat Keuangan tanpa melalui pembentukan komite anggaran. Perusahaan sudah melakukan pengendalian biaya operasional. Dari kenaikan biaya-biaya yang terjadi, sebenarnya bukan karena manajemen tidak efisien dalam mengatur biaya operasionalnya. Hal ini disebabkan karena adanya faktor lain yang di luar kendali perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Eka Lani Permatasari NIM : 02230203
Uncontrolled Keywords: pengendalian manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:46
Last Modified: 04 Mar 2021 02:46
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item