Penerapan economic value added (eva) untuk menilai kinerja keuangan pada perusahaan retail yang go public di BEJ

[error in script] (2006) Penerapan economic value added (eva) untuk menilai kinerja keuangan pada perusahaan retail yang go public di BEJ. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Konsep EVA merupakan suatu konsep yang dalam perhitunganya menggelurkan biaya modal dari laba operasi setelah pajak, sehingga kepentingan pihak perusahaan dan pihak penyandang dana dapat dipertimbangkan secara adil. Hal tersebut di atas mendorong penulis untuk meneliti bagaimana penerapan EVA sebagai alat untuk pengukur kinerja keuangan pada perusahaan ritel dan apakah perusahaan yang memperoleh laba tinggi memiliki EVA yang baik pula.
Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian studi kasus dengan metode diskriptif dimana dalam analisis data digunakan time series analysis untuk mengetahui perbandingan dari tahun ke tahun dalam perhitungan EVA serta dibantu pemaparan secara kualitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan selama 4 tahun berturut-turut (tahun 2001 sampai tahun 2004) menunjukkan bahwa kinerja berdasarkan konsep EVA keempat perusahaan adalah berfluktuatif, yaitu PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk, berturut-turut sebesar Rp.250.364.416.000,-, Rp.156.764.287.200,- Rp.-270.417.179.200, Rp.-110.185.326.000. PT. Hero Supermarket, Tbk berturut-turut sebesar Rp.75.388.800,-, Rp.-13.304.473.000,-, Rp.-320.616.652.500,-, Rp.-2.431.621.800. PT. Matahari Putra Prima, Tbk berturut-turut sebesar Rp.-134.045.246.700,-, Rp.26.281.990.400,-, Rp.-852.722.889.500, Rp.-1.273.518.066.700. PT. Alfa Retailindo berturut-turut sebesar Rp.-50.739.381.604, Rp.7.048.051.390,-, Rp.-118.744.624.986,- Rp.-22.493.999.507,-. Perusahaan yang mempunyai laba yang baik tidak selalu menghasilkan EVA yang baik pula. Hal ini disebabkan karena meningkatnya biaya modal perusahaan lebih besar daripada peningkatan laba bersih setelah pajak, maka menyebabkan nilai EVA yang dihasilkan menurun walaupun laba perusahaan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Ratnasari NIM : 2230089
Uncontrolled Keywords: economic Value Added , perusahaan retail
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:40
Last Modified: 04 Mar 2021 02:40
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item