Penerapan balanced scorecard untuk perencanaan strategi pada hotel PELANGI I Malang

[error in script] (2006) Penerapan balanced scorecard untuk perencanaan strategi pada hotel PELANGI I Malang. Undergraduate thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Hotel Pelangi 1 Malang karena saat ini tingkat persaingan dalam memperebutkan konsumen pengguna jasa perhotelan sangat tinggi, oleh karena itu perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap kinerja secara menyeluruh. Balanced Scorecard dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam penilaian kinerja Hotel Pelangi, sebagai suatu proses umpan balik manajemen dan implementasi strategis untuk mencapai tujuan perusahaan di masa yang akan datang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun strategi pada Hotel Pelangi I Malang dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard.
Penerapan Balanced Scorecard dalam penilaian kinerja dan penyusunan perencanaan strategis dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis terhadap empat perspektif Balanced Scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, selanjutnya menjabarkan strategi ke dalam rencana strategik.
Hasil analisis dengan Balanced Scorecard dapat diketahui empat perspektif pada Hotel Pelangi I Malang sebagai berikut:
1. Dilihat dari perspektif keuangan, kinerja perusahaan dapat dikatakan baik karena perusahaan memiliki rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas, dan rasio leverage yang secara keseluruhan telah memenuhi standar. Oleh karena itu strategic objectivenya adalah mempertahankan kinerja tersebut dengan mempertahankan posisi kas yang cukup, menjaga agar hutang tidak meningkat, melakukan efisiensi atau penghematan serta meningkatkan penjualan kamar.
2. Dilihat dari perspektif pelanggan, walaupun terjadi peningkatan jumlah tamu, tetapi pendapatan dari penjualan kamar mengalami penurunan. Oleh karena itu strategic objectivenya adalah meningkatkan customer acquisition dan meningkatkan sales growth dengan cara melakukan riset dan analisis pasar, meningkatkan aktivitas pemasaran dan promosi, dan menjalin kerjasama dengan Dinas Pariwisata.
3. Dilihat dari perspektif proses bisnis internal, kinerja Hotel Pelangi I Malang dalam keadaan sangat baik, karena pada tahun 2004 tidak ada pelanggan atau tamu yang komplain terhadap pelayanan dan fasilitas yang dimiliki hotel.
4. Dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perusahaan belum rutin melakukan pelatihan kepada karyawan setiap tahun guna meningkatkan kemampuan dan keahlian karyawan, selain itu masih adanya keterlambatan karyawan. Oleh karena itu strategic objectivenya adalah meningkatkan kualitas karyawan dan meningkatkan motivasi kerja karyawan dengan cara memberikan pelatihan rutin setiap tahun, dan memberikan sanksi terhadap karyawan yang terlambat agar selalu berusaha datang tepat waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Wiwi Ayu Diah Lestari NIM : 0230126
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:54
Last Modified: 04 Mar 2021 02:54
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item