Analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa, tbk.

[error in script] (2006) Analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa, tbk. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Setiap badan usaha didirikan dengan maksud untuk mencapai beberapa tujuan diantaranya adalah peningkatan laba dan kelangsungan usahanya (going concern), karena permasalahan yang dihadapi perusahaan dalam bisnis semakin kompleks, persaingan yang ketat dan dijalankannya era pasar bebas maka diperlukan manajemen yang baik atas sumber daya yang dimiliki perusahaan khususnya sumber daya keuangan agar mampu mempertahankan bahkan meningkatkan usahanya.
Penilaian kinerja manajemen sangat diperlukan untuk mengetahui pengelolaan sumber daya perusahaan khususnya keuangan. Salah satu cara penilaian ini adalah melalui analisis ratio keuangan.
Penilaian ini bertujuan untuk menbgetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan atas likuiditas, aktivitas, utang dan profitabilitas bila dinilai dari kedua analisis tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif studi kasus dengan penelitian pada PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk di BEJ, dimana seluruh data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi.
Penilaian kinerja keuangan berdasarkan analisis rasio keuangan secara time series nampak bahwa kemampuan manajemen atas likuiditas sangat baik karena menunjukkan kenaikan yang berarti “kemampuan dalam memenuhi kewajiban lancarnya mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Manajemen atas utang juga sangat baik dimana terjadi penurunan yang berarti dari tahun ke tahun tetapi masuh mampu menghasilkan laba yang cukup baik. Rasio profitabilitas dari tahun ke tahun cenderung turun, namun persentase penurunan masih dalam tingkatan yang wajar melihat situasi dan kondisi perekonomian yang belum stabil. Rasio aktivitas juga menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mengelola sumber daya yang ada sudah cukup baik.
Berdasarkan metode cross sectional approach, kemampuan manajemen likuiditas perusahaan adalah sangat baik dimana berada di atas rata-rata industri dan standar umum. Rasio leverage juga sangat baik dimana benda di bawah rata-rata industri sedangkan pada rasio profitabilitas cukup baik walaupun pada gross profit margin masih berada di bawah rata-rata industri. Rasio aktivitas secara keseluruhan juga cukup baik walaupun pada working capital turn over masih berada di bawah rata-rata industri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Hasnawati Saleh NIM : 02230126
Uncontrolled Keywords: Analisis laporan keuangan, kinerja keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:58
Last Modified: 04 Mar 2021 02:58
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item