Evaluasi implementasi Anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai dasar Penilaian Kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Pasuruan ( Studi kasus pada Sekolah-Sekolah di Kec.Kraton)

[error in script] (2006) Evaluasi implementasi Anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai dasar Penilaian Kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Pasuruan ( Studi kasus pada Sekolah-Sekolah di Kec.Kraton). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ekonomi Indonesia yang pesat, yang dimulai pada
akhir tahun enam puluhan menuntut kemampuan manajerial atau
pemerintah untuk lebih efektif dalam mengelola sumber daya yang dimiliki
dengan harapan hasil yang maksimal. Upaya tersebut tidak akan lepas
dari kebutuhan dana sebagai salah satu pendorong terwujudnya suatu
sistem pengelolaan pemerintahan yang baik (Good Governance).Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) merupakan subsidi dari pemerintah pusat,
tetapi tanggungjawab utama untuk Wajib Belajar 9 tahun, kewenangannya
ada pada pemerintah kabupaten atau kota. Dalam implementasinya
dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sesuai tugas dan
fungsinya, dalam hal ini adalah peran dari Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kab.Pasuruan sebagai pelaksana salah satu Program
Kompensasi Pengurangan Subsidi-Bahan Bakar Minyak (PKPS-BBM)
yaitu BOS. Dari latar belakang diatas, permasalahan yang diajukan oleh
peneliti “ apakah anggaran yang ditetapkan telah dilaksanakan dengan
baik oleh Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Pasuruan dan
bagaimanakah implementasi penyaluran dana BOS dalam rangka
program sekolah gratis ?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengevaluasi dan menganalisis implementasi anggaran BOS sebagai
dasar penilaian kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Pasuruan.
Dalam memecahkan permasalahan ini peneliti menggunakan
pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan menitikberatkan pada
anggaran BOS yang telah ditetapkan sebelumnya dengan realisasi
sesungguhnya dan menggunakan uji kuisioner.
Dari hasil analisis yang telah dilakukan, jumlah total anggaran BOS
yang diusulkan selama satu tahun sebesar Rp 584.223.750 dan jumlah
total realisasi sesungguhnya selama setahun sebesar RP 588.302.500.
Dari jumlah keseluruhan antara anggaran yang telah ditetapkan
sebelumnya dengan realisasi sesungguhnya menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan selisih sebesar Rp 4.078.750. Kemudian hasil
tersebut diferivikasi dengan hasil uji kuisioner. Hasil uji kuisioner yang
telah dilakukan oleh peneliti, menunjukkan tingkat keberhasilan program
dana BOS dalam rangka program sekolah gratis sebesar 16 % (Enam
Belas Persen). Berdasarkan hasil analisis tersebut, memperlihatkan
terdapat perbedaan selisih, ini menunjukkan bahwa kinerja Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Pasuruan dinilai belum sesuai dengan
ketentuan dalam pelaksanaan APBN dengan tujuan dan sasaran program
BOS. Dalam panelitian ini, peneliti tidak dapat mengungkapkan alasan
mengapa terdapat perbedaan selisih antara anggaran yang telah
ditetapkan sebelumnya dengan realisasi sesungguhnya pada Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pasuruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Khoirotul Ulum NIM : 02230149
Uncontrolled Keywords: Anggaran, BOS, penilaian kinerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:07
Last Modified: 05 Mar 2021 04:07
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item