Pengaruh tingkat suku bunga kredit dan inflasi terhadap penyaluran kredit perbankan (studi kasus bank komersial di Malang)

[error in script] (2006) Pengaruh tingkat suku bunga kredit dan inflasi terhadap penyaluran kredit perbankan (studi kasus bank komersial di Malang). Undergraduate thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (921kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan perbankan memegang peranan penting membantu penyediaan kredit dalam masyarakat, dimana bank bergerak dalam pengerahan dana, dan dana inilah yang digunakan oleh pihak bank untuk dapat menyalurkan kredit kepada masyarakat, mengingat kredit sangat diperlukan dan merupakan salah satu sarana masyarakat untuk mendapatkan modal. Usaha pemberian kredit kepada calon debitur dilakukan agar dana yang ada di bank dapat tersalurkan ke masyarakat sehingga dapat berkembang dan tercipta suatu pembangunan, dimana dapat terciptanya kegairahan bekerja sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Salah satu pegangan yang paling penting dari kebijaksanaan moneter adalah bagaimana mengatur kebijaksanaan tingkat suku bunga kredit dan kebijaksanaan kredit. Dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa kebijaksanaan suku bunga bisa menunjang tercapainya sasaran kebijaksanaan moneter yang bisa mendorong tabungan masyarakat sehingga akan mengurangi tekanan inflasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi penyaluran kredit perbankan, mengetahui sejauh mana pengaruh tingkat suku bunga kredit dan tingkat inflasi terhadap kredit yang disalurkan oleh lembaga perbankan dan mengetahui faktor mana yang paling berpengaruh dalam penyaluran kredit perbankan. Metode analisis data menggunakan analisa regresi linier berganda, uji statistik : Uji F, Uji t dan koefisien determinasi serta uji asumsi klasik.
Berdasarkan hasil pengamatan dan analisa menunjukkan bahwa perkembangan jumlah penyaluran kredit perbankan oleh bank umum di Indonesia, pada bulan Januari 2000 sampai dengan bulan Desember 2004 cenderung mengalami peningkatan. Tingkat suku bunga kredit dan tingkat inflasi secara keseluruhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit perbankan oleh bank umum di Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 77,2% dengan tingkat keyakinan 95%. Tingkat suku bunga secara parsial mempunyai pengaruh yang nyata terhadap penyaluran kredit perbankan oleh bank umum di Indonesia, yang ditunjukkan oleh nilai t hitung < -t tabel (-13,615 < -2,000) atau nilai signifikan lebih kecil dari  (0,000 < 0,05). Yang berarti penurunan tingkat suku kredit akan menyebabkan peningkatan penyaluran kredit perbankan. Tingkat suku bunga secara parsial tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit perbankan oleh bank umum di Indonesia, yang ditunjukkan oleh nilai t hitung > -t tabel (-0,365 > -2,000) atau nilai signifikan lebih besar dari  (0,716 > 0,05). Yang berarti peningkatan tingkat inflasi belum tentu akan menyebabkan penurunan penyaluran kredit perbankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Aloysius alex tanzil NIM : 02239003
Uncontrolled Keywords: bunga kredit , inflasi, bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 05 Mar 2021 01:11
Last Modified: 05 Mar 2021 01:11
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item